PLTS Terapung Cirata Mulai Dibangun dengan Kapasitas 145 MW Pasok Listrik Pulau Jawa

- 18 Desember 2020, 08:36 WIB
PLTS Terapung Cirata Mulai Dibangun dengan Kapasitas 145 MW Pasok Listrik Pulau Jawa
PLTS Terapung Cirata Mulai Dibangun dengan Kapasitas 145 MW Pasok Listrik Pulau Jawa /Dok. Humas Jabar/

BAGIKAN BERITA-Waduk Cirata resmi menjadi lokasi pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PTLS). PLTS ini merupakan yang terbesar di Asia dan PLTS terapung pertama di Indonesia. PLTS Terapung Cirata akan dibangun 2021.

Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Setiawan Wangsaatmaja menghadiri "Kick Off Ceremony 145MW Cirata Floating Photovoltaic (PV) Power Plant", di Welcome Building Badan Pengelola Waduk Cirata, Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, Kamis 17 Desember 2020.

PLTS Terapung Cirata dibangun oleh anak perusahaan PT PLN, yakni PT Pembangkit Jawa- Bali Investasi (PJBi) bermitra dengan Masdar, perusahaan yang berbasis di Uni Emirat Arab (UEA).

Baca Juga: Jadwal Acara Indosiar Hari Ini Jumat 18 Desember 2020, Saksikan Live Pop Academy: Top 6 Group 2

Dengan konsorsium bernama PT Pembangkitan Jawa- Bali Masdar Solar Energi (PSME) saham dimiliki oleh PJBi sebesar 51 persen, dan 49 persen oleh Masdar. Adapun untuk proyek PLTS Terapung di Cirata punya nilai investasi sebesar 129 juta dollar.

"Ini salah satu project solar panel yang terbesar di Asia Tenggara, besarannya adalah 145 megawatt. Ini adalah betul- betul pembangkit listrik yang ramah lingkungan," ujar Setiawan.

Menurut Setiawan, PLTS terapung dibuat ramah lingkungan merujuk pada Persetujuan Paris, yakni sebuah persetujuan dalam kerangka UNFCCC (United Nations Framework Convention on Climate Change) dalam mengawal reduksi emisi karbondioksida efektif yang mulai berlaku 2020. Persetujuan dibuat pada Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa 2015 di Paris, Prancis.

Baca Juga: Jadwal Acara TV di ANTV Hari Ini Jumat 18 Desember, Saksikan Sinetron Seputih Cinta Semerah Dusta

"Kita mempunyai agreement, yakni 'Paris Agreement,' yang kita harus menurunkan emisi karbon. Ini adalah salah satunya yang ramah lingkungan yang pertama kali," ucap Setiawan.

"Kalau yang di darat kita sudah ada, tapi kalau yang mengapung di perairan itu baru pertama kali. Maka itu di samping kita punya pembangkit listrik, kita pun bisa menyelamatkan lingkungan, environtmentally friendly," tambahnya.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x