Presiden Jokowi Soft Launching Pelabuhan Internasional Patimban Subang

- 20 Desember 2020, 17:42 WIB
Presiden Jokowi Soft Launching Pelabuhan Internasional Patimban Subang
Presiden Jokowi Soft Launching Pelabuhan Internasional Patimban Subang /Dok. Humas Jabar/

BAGIKAN BERITA-Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menghadiri acara "Soft Launching dan Pengoperasian Perdana Pelabuhan Internasional Patimban" di area Car Terminal Pelabuhan Internasional Patimban, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang, Minggu 20 Desember 2020.

Peresmian soft launching pembangunan tahap pertama Pelabuhan Internasional Patimban ini dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor.

Adapun pengoperasian perdana ditandai dengan ekspor 140 unit mobil menggunakan Kapal MV Suzuka Express milik PT Toyofuji Shipping Co.,Ltd dengan tujuan Brunei Darussalam.

Baca Juga: Mengejutkan, Ramalan Hubungan Lesti DA dan Rizky Billar Menyedihkan, Akan Ada Orang Ketiga

Dalam pidatonya, Presiden mengatakan, pembangunan Pelabuhan Internasional Patimban sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) memiliki peran penting dan strategis dalam upaya meningkatkan perekonomian di Jabar maupun nasional.

"Dan juga berfungsi memperkuat keberadaan Pelabuhan Tanjung Priok (di Jakarta) yang sekarang ini sudah terlalu padat serta menimbulkan kemacetan di ruas jalan Bekasi-Jakarta dan Jakarta-Bekasi," kata Presiden melalui video konferensi.

Selain itu, dengan lokasi yang strategis antara Bandara Kertajati di Majalengka dan kawasan industri di Bekasi-Karawang-Purwakarta, Presiden meyakini, Pelabuhan Patimban akan menjadi kunci penghubung antarkawasan, seperti industri manufaktur, pariwisata, sentra pertanian, serta menopang percepatan ekspor.

Baca Juga: Tidak Hanya Jual Aset Rizky Febian, Teddy Pardiyana Juga Jual Emas yang Ada Digentong Nenek Rizky

Meski begitu, Presiden mengingatkan agar kehadiran Pelabuhan Patimban juga harus mendukung ekspor produk lain, yang menggerakkan ekonomi UMKM, pertanian, hingga industri kreatif sehingga mampu bersaing di pasar global.

"Untuk itu saya minta kepada menteri, gubernur, bupati/wali kota, dan pejabat terkait agar bersama pelaku usaha UMKM, koperasi, dan perusahaan-perusahaan, untuk memaksimalkan infrastruktur yang sudah dibangun dalam rangka menggairahkan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat," ucap Presiden.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x