Bagaimanakah Teknis Penyaluran BSU bagi yang Belum Punya Bank BUMN? Ini Jawabannya, Dapatkan 1 Juta

- 8 Agustus 2021, 12:09 WIB
Kemnaker akan transfer BSU subsidi gaji atau BLT BPJS Ketenagakerjaan senilai Rp1 juta ke 1 juta pekerja mulai pekan ini, pada 8 Agustus 2021.
Kemnaker akan transfer BSU subsidi gaji atau BLT BPJS Ketenagakerjaan senilai Rp1 juta ke 1 juta pekerja mulai pekan ini, pada 8 Agustus 2021. /BERITA DIY/F Akbar

BAGIKAN BERITA - Ada seorang netizen @noe982 bertanya pada Kemnaker, ia bertanya perihal teknis penyaluran BSU itu bagaimana bagi yang belum memiliki bank BUMN.

Kemudian, Kemnaker pun menjawab netizen yang menanyakan terkait BSU kepada admin Kemnaker.

Terlebih lagi, ia bertanya seputar teknis BSU juga ia bertanya di wilayahnya sedang melaksankan PPKM Level 4.

Baca Juga: Cara Cek Mandiri di HP Nama Penerima Banpres PNM Mekaar BNI 2021, Hanya Pakai KTP Anda Cair Bulan Agustus

Tentu dengan respon cepat admin Kemnaker langsung menjawabnya.

"Gak perlu khawatir rekan, nanti Kemnaker akan membuatkam rekening baru gaji penerima BSU yanh tidak memiliki rekening bank HIMBARA," bunyi jawaban dari Kemnaker dikutip Bagikanberita.com dari Instagram resmi @kemnaker, Minggu 8 Agustus 2021.

Kemnaker melanjutkan, bahwa penerima BSU hanya tinggal datang ke bank yang dituju guna mengaktifkan rekening dan mengambil dana tunai yang sudah didaftarkan.

Baca Juga: Cara Cepat Cek Penerima BLT UMKM BPUM 2021 BRI dan BNI Rp 1,2 Juta, Klik eform bri co id dan banpresbpum id

Adapun bagi karyawan siap-siap akan menerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang akan cair dibulan Agustus 2021.

Sekitar satu juta karyawan nantinya akan menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan sebesar 1 juta. Nantinya juga BSU akan dikirimkan ke rekening sebesar Rp500 ribu selama dua bulan.

Adapun syarat penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Cukup Klik www banpresbpum id untuk Cek Penerima Bantuan PNM Mekar Tahap 3 Tahun 2021, Begini Langkahnya

WNI yang dibuktikan dengan NIK

Pekerja/buruh penerima gaji/upah

Peserta aktif program jamsos BPJS Ketenagakerjaan yang membayar iuran upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta sesuai upah yang dilaporkan kepada BPJS Ketenagakerjaan

Status kepesertaan sampai dengan 30 Juni 2021

Pekerja/buruh yang belum menerima program kartu prakerja, program keluarga harapan, atau program bantuan produktif usaha mikro (BPUM)

Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan PPKM Level 4

Baca Juga: Cara Cek Penerima BPUM Melalui BNI dan BRI Tahap 3 Cair Bulan Agustus, Klik 2 Link ini untuk Penerima Banpres

Bekerja pada sektor usaha industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali jasa pendidikan dan kesehatan.

Pada BSU subsidi gaji tahun ini, ada syarat wajib yang dipenuhi karyawan ialah terdaftar sebagai peserta aktif program BPJS Ketenagakerjaan.

Adapun Proses pencairan BSU BPJS Ketenagakerjaan 2021 adalah sebagai berikut:

BSU BPJS, ujar Ida Fauziyah selaku Menteri Ketenagakerjaan, akan dikirim ke rekening bank penerima bantuan.

Adapun Bank penyalur BSU BPJS adalah bank milik negara yang terhimpun dalam HIMBARA, seperti Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, dan Bank BTN.

Kemudian, khusus untuk penyaluran BLT BSU BPJS Ketenagakerjaan untuk pekerja/buruh penerima bantuan di Provinsi Aceh, menggunakan Bank Syariah Indonesia (BSI).

"Bagi penerima bantuan yang belum memiliki rekening di bank tersebut, Kemnaker akan membukakan rekening secara kolektif di Bank HIMBARA dan BSI agar penyaluran dana bantuan dapat lebih mudah, efektif dan efisien," ucap Menaker Ida Fauziyah.***

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x