Dukung Pengendalian Inflasi saat Ramadan, Bank Indonesia Jabar Akan Gelar Operasi Pasar yang Lebih Meluas

- 17 Maret 2023, 11:17 WIB
High Level Meeting (HLM) di Masson Pine, Kota Baru Parhyangan, Bandung Barat pada Kamis 16 Maret 2023.
High Level Meeting (HLM) di Masson Pine, Kota Baru Parhyangan, Bandung Barat pada Kamis 16 Maret 2023. /

BAGIKAN BERITA – Dalam upaya pengendalian Inflasi saat Ramadan dan Idul Fitri 1444 Hijriah, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat akan menggelar Operasi Pasar di seluruh Kabupaten dan Kota di Jawa Barat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Erwin Gunawan Hutapea saat menggelar High Level Meeting (HLM) di Masson Pine, Kota Baru Parhyangan, Bandung Barat pada Kamis 16 Maret 2023.

High Level Meeting merupakan kolaborasi dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) se-Jawa Barat.

HLM dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Erwin Gunawan Hutapea, Forkopimda Provinsi Jawa Barat hingga Bupati/Walikota se-Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan langkah strategis guna merespon potensi peningkatan harga pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadan dan Idul Fitri 1444 H.

Baca Juga: Sambut Ramadan, Smartfren Targetkan Pertumbuhan 1 Juta Pelangga Baru di Jabar melalui Program Triple Kejutan

Erwin Gunawan Hutapea menyampaikan bahwa Bank Indonesia Jawa Barat bersama TPID dan TP2DD se-Jawa Barat berkomitmen untuk konsisten mendukung seluruh program pengendalian inflasi.

Salah satu bentuk dukungan Bank Indonesia diantaranya adalah fasilitasi biaya angkut komoditas pangan dan penyelenggaraan kegiatan Operasi Pasar yang telah dan akan dilakukan lebih luas lagi di beberapa Kab/Kota di Jawa Barat.

Selain itu, Bank Indonesia Jawa Barat juga akan terus mendorong peningkatan produksi pangan lokal melalui dukungan sarana prasarana digitalisasi pertanian, implementasi teknologi pertanian IP400 hingga program urban farming seperti diantaranya Green House dan Organic Tower Garden.

Berbagai langkah penguatan pasokan tersebut, turut didukung dengan komunikasi kebijakan untuk menjaga demand masyarakat tetap terkendali, disertai dengan upaya membentuk perilaku berdagang bijak di kalangan pedagang.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x