Cek Fakta, Bank Indonesia Keluarkan Uang Baru Rp1 Setara Rp1 Juta Berlaku mulai 2024

- 19 April 2024, 15:30 WIB
Desain uang baru Rp1 rupiah sedtara Rp1 juta. Benarkah Bank Indonesia mengeluarkannya?
Desain uang baru Rp1 rupiah sedtara Rp1 juta. Benarkah Bank Indonesia mengeluarkannya? /net

BAGIKAN BERITA – Sebuah video yang diunggah di Facebook menampilkan sehelai lembaran yang diklaim sebagai uang baru dari Bank Indonesia, dengan nominal 1.0 dan dilengkapi dengan gradasi warna putih, merah, hijau, dan kuning.

Dalam narasi yang disertakan dalam unggahan tersebut, dikatakan bahwa ini adalah uang baru yang diterbitkan pada tahun 2024 di Indonesia, dengan klaim bahwa satu lembar uang tersebut setara dengan satu juta rupiah.

Namun, apakah benar Bank Indonesia telah menerbitkan uang baru dengan nilai 1.0 yang setara dengan satu juta rupiah?

Ternyata, unggahan tersebut adalah hoaks. Bank Indonesia telah mengklarifikasi bahwa uang tersebut hanyalah spesimen dan bukan uang resmi yang beredar. (Sumber: Facebook)

Baca Juga: Kumpulan Kode Promo Grab dan Gojek, Jumat 19 April 2024, Naik GoRide Diskon Setengah Harga

Penjelasan:

Dilansir dari media sosial Bank Indonesia, video lembaran uang dengan nominal 1.0 merupakan House Note dari Perum Peruri. House Note merupakan uang specimen (uang contoh) yang diterbitkan oleh banknote printer atau perusahaan pencetak uang, dalam hal ini adalah Perum Peruri.

Tujuan diterbitkannya untuk mempromosikan kemampuannya dalam mencetak uang menggunakan teknologi keamanan tertentu. Uang contoh tersebut tidak dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah karena tidak memiliki ciri-ciri uang Rupiah, seperti yang tertuang didalam Undang-Undang Mata Uang Nomor 7 Tahun 2021.

Hingga saat ini, Bank Indonesia belum menerbitkan uang rupiah terbaru. Terakhir, Bank Indonesia menerbitkan tujuh pecahan uang Rupiah kertas tahun emisi 2022 pada 18 Agustus 2022.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah