Siapakah Manusia Pertama yang Sholat? Ini Jawabannya

- 25 Januari 2021, 08:40 WIB
Ilustrasi Sholat.
Ilustrasi Sholat. /Pixabay

BAGIKAN BERITA - Secara bahasa sholat berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti, ibadah. Sedangkan, menurut istilah, salat bermakna serangkaian kegiatan ibadah khusus atau tertentu yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.

Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir yang diutus oleh Allah SWT untuk membimbing manusia ke arah jalan kebenaran.Tidak seperti umat nabi-nabi yang lain, umat Muhammad telah diperintahkan untuk mengerjakan sholat lima waktu setiap hari.

Sholat merupakan kelebihan dan anugerah Allah SWT Terhadap umat Nabi Muhammad.

Baca Juga: Shopee Hadirkan Gratis Ongkir Rp0 dan ShopeePay Deals Rp1 di Setiap Bulan di Shopee SMS!

Adapun sholat yang pertama kali Jibril ajarkan kepada baginda (SAW) adalah salat Dzuhur, yang mana awal waktunya adalah ketika matahari tergelincir dari posisi zawal (matahari berada di tengah-tengah) yang berlangsung kira-kira 10 menit. 

Kemudian berturut-turut 'Ashar, Maghrib, 'Isya dan Shubuh. Malaikat Jibril mengajarkannya dalam dua hari. Hari pertama pada awal waktu sholat, dan hari kedua pada akhir waktu salat.

Dalam kesempatan tersebut, malaikat Jibril berkata kepada baginda Nabi SAW: 

"Wahai Muhammad, ini adalah waktu-waktu sholatnya para Nabi sebelum engkau, dan waktu yang ada di antara kedua waktu sholat ini" (HR. Abu Daud)

Tahukah anda? siapakah orang yang pertama kali mengerjakan sholat lima waktu? Secara berurutan inilah nama-nama nabi yang pertama kali mengerjakan salat lima waktu itu.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x