Inilah Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 SD dan MI di Halaman 14, Ada Nama Organ Ikan, Burung serta Fungsinya

- 15 Juli 2021, 14:13 WIB
Kunci Jawaban Tema 1 . /Tangkap layar Buku Tema 1 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 Kemendikbud.
Kunci Jawaban Tema 1 . /Tangkap layar Buku Tema 1 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 Kemendikbud. /Buku Tema 1 Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 Kemendikbud

BAGIKAN BERITA - Belakangan ini kegiatan belajar mengajar banyak dilakukan si rumah bersama orang tua, perlu anda ketahui juga ada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk kelas 5 SD dan MI terbaru yang berjudul Organ Gerakan Hewan dan Manusia.

Pada artikel ini, akan mengulas tentang kunci jawaban pada halaman 14 Tema 1 Subtema 1 yakni Organ Gerak Hewan kelas 5 SD dan MI, selengkapnya simak artikel ini hingga tuntas.

Perlu diingatkan juga, sebelum membaca kunci jawaban ini, sebaiknya adik-adik kecil mencoba berusaha untuk menjawabnya dengan hasil jerih payah sendiri. Karena kunci jawaban ini sekedar pemandu adik-adik agar bisa mengetahui lebih luas dalam semua pertanyaan-pertanyaan yang ada. Serta menjawabnya dengan jawaban hasil adik-adik sendiri.

Baca Juga: Link Pengumuman Hasil Seleksi CBT 2 Jalur Mandiri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2021, Segera Cek di Sini

Sebagai informasi, kunci jawaban ini dapat dijadikan panduan serta pembanding untuk para orang tua guna memeriksa jawaban hasil anaknya dalam mengisi jawaban dari pertanyaaan yang diberikan tugas dari guru.

Dikutip Bagikanberita.com via PORTAL JEMBER dari alumnus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jember, Anismoro Nalendri Lesthianingrum S.Pd, inilah kunci jawaban Buku Tematik Kelas 5 SD dan MI Tema 1 Subtema 1 halaman 14 tentang Nama Organ Gerak dari ikan, katak, burung, ular, kadal dan kambing.

Kunci Jawaban kelas 5 SD dan MI halaman 14

1. Ikan
Jawaban:
- Nama Organ Gerak: Sirip dan Ekor


- Fungsinya: Fungsi sirip dan ekor umumnya adalah untuk membantu ikan berenang. Sirip pada ikan terletak pada berbagai tempat untuk berbagai fungsi seperti gerak maju, berputar atau mempertahankan posisi tegak.

Ikan berenang dengan mengerahkan kekuatan terhadap air di sekitarnya, yaitu meliuk-liukkan rangka tubuhnya sehingga otot-otot di kedua sisi tubuh ikan berkontraksi menghasilkan gelombang lenturan yang berjalan di sepanjang tubuh ikan dari hidung hingga ke ekor. Vektor gaya yang bekerja pada air dengan gerakan ini menghasilkan gaya yang mendorong ikan ke depan.

Baca Juga: Ada Peluang Besar Bagi Lulusan SMA Sederajat di 10 Instansi Ini, Yuk Daftar CPNS 2021 di sscasn.bkn.go.id
2. Katak
Jawaban:
- Nama Organ Gerak: Tungkai Kaki

- Fungsinya: Katak memiliki tungkai belakang yang jauh lebih besar daripada tungkai bagian depan. Fungsi dari tungkai belakang katak adalah untuk melompat, sehingga strukturnya lebih kukuh. Sedangkan tungkai depan berfungsi sebagai penahan tubuh saat mendarat. Itulah alasan katak dapat melompat lebih tinggi.

3. Burung
Jawaban:
- Nama Organ Gerak: Sayap dan Kaki

- Fungsinya: Burung memiliki struktur tubuh seperti hewan bertulang belakang. Alat gerak burung adalah sayap saat terbang dan kaki saat berjalan di tanah. Selain bergerak dengan cara terbang, ada beberapa jenis burung juga sanggup berenang dengan kakinya. Burung yang sanggup berenang umumnya mempunyai selaput pada kakinya.

4. Ular
Jawaban:
- Nama Organ Gerak: Rangka tubuh

- Fungsinya: Pada ular, gerakan terjadi saat rangka tubuh meliuk ke kiri dan ke kanan. Gerakan ini dikenal sebagai lokomosi berkelok-kelok. Bagian samping tubuh ular bertumpu pada bagian permukaan yang tidak rata dan jika ayunan gelombang hingga ke belakang, ular akan meluncur ke depan dengan sisik licin yang menutupi perutnya.

5. Kadal
Jawaban:
- Nama Organ Gerak: Tungkai Kaki

- Fungsinya: Kadal bergerak menggunakan kaki untuk berjalan. Kadal mempunyai dua pasang kaki depan dan belakang yang berjari lima dengan cakar diujungnya. Struktur telapak kaki cecak mempunyai alas kaki pelekat sehingga memungkinkan gerakan memanjat dinding dan berlari di langit-langit secara terbalik.

6. Kambing
Jawaban:
- Nama Organ Gerak: Kaki

- Fungsinya: Kaki pada kambing digunakan untuk berjalan, berlari dan melompat. Dengan ke empat kakinya kambing dapat bergerak kesana-kemari untuk mencari makan di sekitarnya.

Demikianlah ulasan mengeni  kunci jawaban kelas 5 SD dan MI halaman 14 tentang Nama Organ Gerak ikan, katak, burung, ular, kadal dan kambing.

Disclaimer:
1. Konten ini dibuat untuk membantu orang tua dalam membimbing anak dalam belajar, selayaknya dijelaskan proses penemuan jawaban, bukan hanya hasil akhir.***( Nalendra Yogeswara/ Portaljember.com)

 

Artikel ini telah tayang sebelumnya di Portaljember.com di tanggal 13 Juli 2021 dengan judul: Nama Organ Gerak Ikan, Katak hingga Kambing Beserta Fungsinya, Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 SD MI Halaman 14.

Editor: Hendra Karunia

Sumber: Portal Jember


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x