Ekstrak Kulit Buah Manggis Bisa Atasi Covid-19, Ini Studi dari Mahasiswa Unpad

- 16 Oktober 2020, 07:18 WIB
Ekstrak Kulit Buah Manggis Bisa Atasi Covid-19,  Ini Studi dari  Mahasiswa Unpad
Ekstrak Kulit Buah Manggis Bisa Atasi Covid-19, Ini Studi dari Mahasiswa Unpad /PIXABAY.COM/

BAGIKAN BERITA -Kulit Manggis selama ini memang dikenal sangat bermanfaat sebagai obat dalam mengatasi masalah kesehatan. Salah satu Zat penting dalam kulit manggis yang membuat buah manggis sangat berharga adalah zat Xanthones.

Zat ini bisa menjadi bahan alami dalam mengatasi masalah kesehatan, seperti mencegah diabetes, mencegah kanker, dan melawan radikal bebas.

Selain itu Senyawa alfa mangostin dari kulit buah manggis memiliki khasiat sebagai anti-peradangan dan antioksidan. Selain itu, senyawa ini ternyata berpotensi sebagai anti-Covid-19 berdasarkan studi awal yang dilakukan mahasiswa Universitas Padjadjaran.

Baca Juga: Update Harga Emas Antam Hari Ini Jumat, 16 Oktober 2020, Cukup 2 Gram Bisa Beli Smartphone Canggih

Studi yang dilakukan Syahrul Hidayat (Farmasi), Namira Assyfa Nuazizah (Pendidikan Dokter), dan Kelvin Fernando Pratama (Farmasi) menemukan bahwa senyawa turunan alfa mangostin memiliki potensi aktivitas terhadap virus SARS-CoV-2, atau virus penyebab Covid-19.

Studi ini didasarkan atas penelitian tentang beberapa senyawa yang memiliki potensi berinteraksi dengan virus SARS-CoV-2. Sumber senyawa tersebut berasal dari bahan alam.

Senyawa bahan alam ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya toksisitasnya yang rendah serta risiko terjadinya efek samping lebih sedikit jika dibandingkan dengan bahan kimia yang dibuat di pabrikan.

Baca Juga: ILC Tidak Tayang di TV One, Karni Ilyas Datangi Rumah Menko Polhukam Mahfud MD, Ini yang Dilakukan

“Selain itu, sampai saat ini pengelolaan Covid-19 masih seputar mengobati gejala karena belum ada obat atau vaksin yang secara definitif mampu mengatasi Covid-19 itu sendiri. Karena itu, ini menjadi peluang menemukan senyawa baru yang lebih baik,” ujar Syahrul, Selasa 13 September 2020.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x