5 Khasiat Daun Pandan Yang Belum Banyak Orang Ketahui, Nomor 4 Pasti Banyak Dicari

- 16 Januari 2021, 10:04 WIB
5 Khasiat Daun Pandan Yang Belum Banyak Orang Ketahui, Nomor 4 Pasti Banyak Dicari
5 Khasiat Daun Pandan Yang Belum Banyak Orang Ketahui, Nomor 4 Pasti Banyak Dicari /Hendra Karunia/Bagikan Berita. Com
BAGIKAN BERITA-Daun Pandan adalah sejenis tanaman yang termasuk dalam tumbuhan monokotil yang berbentuk lancip panjang dan memiliki sudut siku pada bagian daunnya dan bisa tumbuh setinggi 5 meter. 

Dalam daun pandan ini mengandung zat Saponin yang berguna untuk mengusir kolesterol di usus besar, Solifenol yang berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, Alkaloid, dan zat warna hijau, 

Bahkan di Indonesia masih banyak kalangan yang memanfaatkan daun pandan ini, bahkan menjadi komponen penting dari resep-resep makanan Indonesia.
 
Baca Juga: Terancam DiPolisikan, Mbak You Klarifikasi Ramalan Terkait Jokowi Lengser

Khasiat Dan Cara Meramu Daun Pandan untuk Kesehatan Tubuh

Selain memberikan harum pada minuman dan makanan daun pandan ini juga sering digunakan untuk penambah warna makanan yang alami, dan juga suka digunakan sebagai aroma terapi dalam spa.

Daun pandan ini juga digunakan sebagai antiseptik yang sangat ampuh untuk mengatasi berbagai jenis bakteri yang bisa menyerang tubuh kapanpun juga.
 

Untuk lebih lengkapnya mungkin ini beberapa khasiat dan cara memproduksi daun pandan bagi kesehatan tubuh kita:


1. Untuk mengobati Rematik
Caranya: Ambil daun pandan yang masih segar dua atau tiga lembar. Kemudian iris kecil kecil terus siapkan setengah cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan, terus sedu daun pandan dengan minyak tersebut. Aduk sampai rata, kemudian simpan sampai dingin dan setelah dingin gosokan pada tubuh yang sakit.

2. Untuk Obat Penenang
caranya: Cukup dengan mencuci 2 lembar daun pandan dan potong-potong menjadi sekecil mungkin. Terus seduh dengan menggunakan segelas air hangat dan setelah dingin anda dapat menyaringnya serta mengkonsumsinya secara teratur 2 kali sehari.
 
Baca Juga: Jalan Cerita Ikatan Cinta Episode 124: 'Melayang di Awan,' Ciuman Pertama Aldebaran untuk Andin

3. Untuk Mengatasi Diabetes
Caranya: Dengan merebus beberapa lembar daun pandan dengan menggunakan 3 gelas air. Setelah tersisa menjadi setengahnya angkat dan saring daun pandan yang sudah direbus itu. Jadikan ramuan tersebut menjadi 2 kali konsumsi pagi dan sore. Konsumsi manfaat rebusan air daun pandan tersebut secara teratur hingga kadar gula darah anda normal kembali.

4. Untuk Menurunkan Darah Tinggi
Caranya sama seperti cara untuk menurunkan diabetes

5. Untuk Mengatasi Pegal Linu
Caranya: Menyiapkan terlebih dahulu 5 lembar daun pandan dan 20 lembar daun serai. Setelah dicuci bersih kemudian tumbuk hingga halus dan tambahkan minyak kayu putih 1 sendok dan minyak gandapura. Aduk sampai merata. Dan gunakan ramuan tersebut untuk menggosok bagian tubuh yang mengalami pegal linu.***

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x