8 Manfaat Buah Jamblang yang Sangat Berkhasiat Bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 6 Paling Penting

- 26 Januari 2021, 06:21 WIB
 8 Manfaat Buah Jamblang yang Sangat Berkhasiat Bagi Kesehatan Tubuh, No 6 Paling Penting
8 Manfaat Buah Jamblang yang Sangat Berkhasiat Bagi Kesehatan Tubuh, No 6 Paling Penting /Tangkapan layar Youtube zoona channel/

BAGIKAN BERITA -  Buah berwarna hitam keunguan ini dalam berbagai bahasa asing buah ini dikenal sebagai jambulan, jambulana (Malaysia), duhat (Filipina), jambul, jamun, atau Java plum (inggris), dan lain-lain. Nama ilmiahnya adalah Syzygium cumini.

Jamblang dapat ditemui di baik dibudidayakan/liar di Asia tropis dan Australia. Pohon jamblang mempunyai daerah persebaran alaminya di Himalaya bagian subtropis, india, sri lanka Malaysia dan Australia.

Saat ini telah ditanam diseluruh kawasan tropika dan subtropika.Di Pulau jawa tumbuh liar di hutan jati dan dibudidayakan sebagai pohon buah di pekarangan, dari dataran rendah hingga 500 mdpl. Walaupun demikian, ia dapat tumbuh pada ketinggian 1800 mdpl.

Baca Juga: Shopee Hadirkan Gratis Ongkir Rp0 dan ShopeePay Deals Rp1 di Setiap Bulan di Shopee SMS!

Curah hujan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang bagus adalah lebih dari 1000 mm per tahun dengan musim kering yang nyata. Jamblang tumbuh di dataran banjir.

Jenis ini toleran terhadap kekeringan dan dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah yang tidak subur, lahan basah dan tanah yang berdrainase bagus (tanah lempung, tanah liat berkapur, tanah berpasir dan tanah-tanah berkapur). Umumnya, jamblang diperbanyak dengan biji, namun kultivar-kultivar yang unggul bisa diperbanyak dengan cangkok.

berikut di bawah ini ada beberapa manfaat dari buah jamblang yang perlu kamu ketahui:


1. Sumber energi untuk tubuh

Buah jamblang ini kaya akan protein, karbohidrat dan lemak baik. Sumber energi  yang sangat diperlukan bagi tubuh kita tentunya, jika tubuh sedang lemas seusai berolah raga, ada baiknya makanlan buah ini agar mengembalikan kembali stamina yang sudah terkuras habis sesudah olah raga.

Baca Juga: Gemar Berbelanja? Berikut 5 Tips Hemat Belanja Online

2. Pembentukan sel darah merah

Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan anemia, konsentrasi menurun dan terganggunya emosi. Dengan mengkonsumsi jus segar ini, yang kaya akan zat besi mampu meningkatkan sel darah merah kembali.

3. Menguatkan tulang dan gigi

Manfaat buah jamblang kaya akan  kalsium, magnesium, fospor dan zat besi yang baik untuk memadatkan tulang kita sehingga akan menguatkan tulang dan gigi. Selain itu juga dapat meredakan radang sendi dan osteoporosis

4. Menyembuhkan gangguan penecrnaan

Kandungam senyawa gula, serat dan zat aktif dalam buah jamblang, berkhasiat meredakan  dan menyembuhkan berbagai gangguan pencernaan dam kembung. Buatlah jus jamblang segar atau bisa juga dimakan langsung jika jus tambahkan sedikit garam untuk hasil yang lebih efektif.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Selas26 Januari 2021, untuk Kota-kota Besar di Indonesia, dari Cerah Berawan Hingga Hujan

5.meningkatkan kesehatan jantung

Tingginya kandungan sodium dan kalium juga membuat manfaat buah jamblang sangat baik untuk mengendalikan detak jantung dan otot jantung. Kandungan ini juga berkhasiat dan menguatkan serta menangkal serangan jantung

6.Menangkal radikal bebas

Radikal bebas  bisa menyerang tubuh dari luar  maupum dari makanan, buah ini yang memiliki kandungan flavonoid yang bersifat anti oksidan dan sangat penting bagi tubuh. Buah ini juga bisa dimakan secara langsung atau pun dibuat jus, dan berguna untuk mengusir racun serta radikal bebas.

7. Menyembuhkan sakit lambung

Gangguan seperti maag, ternyata bisa diatasi dengan buah berkulit ungu kehitaman ini. Dimasyarakat india buah ini sering dimanfaatkan sebagai obat gangguan lambung, buan jamlang memang sangat berguna untuk masalah lambung juga pencernaan lainya.

Baca Juga: Celaka, Aldebaran Cemburu ke Andin, Nino Selidiki Pembunuh Roy Hingga Elsa Ketakutan di Ikatan Cinta

8. Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat lainnya dari Buah jamblang yaitu, mengandung vitamin A sangat baik dan membantu meningkatkan kesehatan mata. Makan dengan buah serta kulitnya ini berguna menekan resiko kebutaan karena katarak, rabun, dan gangguan mata lainnya,***

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x