Kenali 12 Ciri-ciri Anak Sudah Kecanduan Games Online di HP, Paling Parah Bisa Gangguan Jiwa

- 17 Maret 2021, 08:28 WIB
Ilustrasi bermain games online. Foto: Pribadi
Ilustrasi bermain games online. Foto: Pribadi /

BAGIKAN BERITA- Bermain games online di Handphone atau HP kini sudah menjadi kebiasaan anak-anak jaman sekarang, bahkan sampai ada yang sampai kecanduan. 

Saking kecanduan dengan games online di HP ada beberapa anak-anak yang harus dirawat di Rumah Sakit Jiwa RSJ Cisarua Kabupaten Bandung. 

Untuk melihat seberapa parah dampak kecanduan games online di HP pada anak-anak dan remajai, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menjenguk ratusan pasien anak kecanduan HP atau gawai di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Selasa 16  Maret 2021.

Baca Juga: Karena Masih Dipenjara, Mark Sungkar Diperkirakan Tidak Bisa Menghadiri Proses Persalinan Zaskia Sungkar

Baca Juga: Hasil Polling LIDA 2021 Babak Top 70 Besar Grup 1 Putih, Tasya Aceh Tersenggol

Di RSJ, Wagub sempat menyapa dan menanyakan kabar kepada empat pasien remaja. Kecanduan HP atau gawai pada anak di Jabar kian hari kian memprihatinkan terlebih sekarang waktu anak dengan gawai makin lama karena sekolah masih memberlakukan pembelajaran daring.

Pemdaprov Jabar memandang kecanduan HP ini masalah serius dan perlu dicegah sejak dini. Wagub Uu meminta orang tua membatasi interaksi anak-anaknya dengan HP Kecuali untuk pembelajaran daring, penggunaan gawai oleh anak perlu diawasi ketat.

“Penting diketahui orang tua bahwa penggunaan gawai lebih dari enam jam per hari berbahaya bagi mental dan psikis anak,” ujar Uu usai berinteraksi dengan anak- anak pencandu gawai.

Bukan hanya durasi, konten yang dibuka anak pun perlu diawasi agar tidak terpapar hal – hal negatif. “Orangtua untuk selalu mengawasi dan menemani anak-anak ketika menggunakan gawai pada setiap situasi dan kondisi,” kata Wagub.

Baca Juga: Jadwal Acara TV Indosiar Rabu 17 Maret 2021, Saksikan LIDA 2021: Top 70 Grup 2 Merah, Siapa yang Tersenggol?

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X