Inilah Cara Memilih Nutrisi yang Tepat untuk Sahur dan Buka Puasa, Salah Satunya Perhatikan Asupan Cairan

- 15 April 2021, 14:18 WIB
Inilah Cara Memilih Nutrisi yang Tepat untuk Sahur dan Buka Puasa, Salah Satunya Perhatikan Asupan Cairan
Inilah Cara Memilih Nutrisi yang Tepat untuk Sahur dan Buka Puasa, Salah Satunya Perhatikan Asupan Cairan /Insatgram @idemenusahurdanbukapuasa/

 BAGIKAN BERITA -Saat berpuasa, kita tetap dituntut untuk beraktivitas seperti biasa, meskipun waktu makan menjadi lebih terbatas. Karenanya, sangat penting memilih jenis asupan agar waktu makan yang hanya sebentar benar-benar dapat menjadi waktu pengisian bahan bakar yang maksimal.

Mengonsumsi nutrisi tepat adalah prioritas utama agar puasa Ramadhan tetap lancar, agar ibadah semakin optimal dengan tubuh yang fit, jangan lupa perhatikan juga asupan dan kebiasaan yang sebaiknya dihindari.


Menurut Dokter spesialis gizi klinik, dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK poin terpenting adalah memastikan kebutuhan zat gizi harian terpenuhi pada waktu sahur dan berbuka puasa. Anda perlu mengetahui kebutuhan energi total dalam sehari dan komposisi zat gizi makro.

Baca Juga: Kecewa pada Bima Arya, Habib Rizieq Shihab Ungkit Jasanya Telah Dukung Jadi Wali Kota Bogor

Baca Juga: Arie Untung Jadi Bahan Tertawaan, Ferdinand Hutahaean Beri Sindiran: Bagaimana Kira-kira Perasaannya?

Lebih lanjut dr. Tirta menjelaskan, rata-rata setengah dari kebutuhan energi berasal dari karbohidrat, 30 persen dari lemak, dan 15 persen dari protein. Memilih jenis lemak yang baik dan mengurangi goreng-gorengan akan membuat tubuh lebih bugar.

"Pastikan sumber karbohidrat berasal dari bahan karbohidrat kompleks dan sedapat mungkin hindari karbohidrat sederhana, seperti gula dan sirup," ujar dr. Tirta dalam keterangan resminya.


Memastikan asupan cairan

Saat puasa kita bisa saja mengalami dehidrasi ringan sampai sedang. Karenanya, kurangi aktivitas berat yang dilakukan secara outdoor atau di ruang terbuka dan terkena panas matahari.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x