13 Manfaat Daun Basil yang Baik untuk Tubuh Anda, Salah Satunya Mencegah Bau Badan

- 25 Juni 2021, 10:53 WIB
13 Manfaat dari Daun Basil yang Baik untuk Tubuh Anda, Salah Satunya Mencegah Bau Badan
13 Manfaat dari Daun Basil yang Baik untuk Tubuh Anda, Salah Satunya Mencegah Bau Badan /Pixabay. Com/

BAGIKAN BERITA - Tumbuhan herbal basil adalah tanaman asli daerah tropis dari Afrika tengah hingga Asia tenggara. Ini adalah tanaman lunak, dan digunakan dalam masakan di seluruh dunia.Tergantung pada spesies dan kultivar, daunnya mungkin terasa seperti adas manis, dengan bau yang kuat, menyengat, dan seringkali manis.

Ada banyak jenis tumbuhan basil, serta beberapa spesies terkait atau hibrida yang juga disebut kemangi. Jenis yang biasa digunakan sebagai penyedap rasa biasanya disebut basil manis (atau basil genevose), berbeda dengan basil Thailand (O. basilicum var. Thyrsiflora), kemangi lemon ( O. × citriodorum ), dan basil suci ( Ocimum tenuiflorum ). 

Sementara varietas basil yang paling umum diperlakukan sebagai tanaman semusim, beberapa di antaranya abadi di iklim tropis yang hangat, termasuk basil suci dan kultivar yang dikenal sebagai "basil biru Afrika".

Baca Juga: 7 Manfaat dari Buah Nanas, Salah Satunya Melawan Radikal Bebas

Berikut di bawah ini manfaat yang harus kalian ketahui dari daun basil :

1. Mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh

Daun basil mengandung vitamin A yang penting untuk perkembangan dan menjaga sistem imun di tubuh. Selain itu, tanaman ini juga mengandung Vitamin K yang penting dalam proses penggumpalan darah. Daun kemangi juga mengandung kalium yang berperan dalam mengatur tekanan darah, mangan untuk mengatur fungsi otak dan saraf, serta magnesium yang berfungsi mengatur fungsi otot, jantung, dan saraf.

2. Berpotensi melawan kanker

Daun basil, juga dipercaya berpotensi melawan kanker karena kandungan fitokimia yang ada di dalamnya begitu beragam. Daun ini dinilai dapat membantu pencegahan beberapa jenis kanker di antaranya kulit, hati, mulut, dan paru-paru. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat daun kemangi yang satu ini.

3. Mengurangi efek yang timbul akibat stres oksidatif

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x