8 Manfaat Buah Jamblang yang Sangat Berkhasiat Bagi Tubuh Anda, Salah Satunya Tangkal Radikal Bebas

- 26 Juni 2021, 16:45 WIB
8 Manfaat Buah Jamblang yang Sangat Berkhasiat Bagi Tubuh Anda, Salah Satunya Tangkal Radikal Bebas
8 Manfaat Buah Jamblang yang Sangat Berkhasiat Bagi Tubuh Anda, Salah Satunya Tangkal Radikal Bebas /Instagram @aneka_tabulampot/

BAGIKAN BERITA - Anda suka memakan bauh Jamblang? ya, buah yang berwarna hitam keunguan ini memang kerap dijumpai di pedesaan di berbagai daerah di Indonesia. Nama buah ilmiah ini adalah Syzygium cumini. Selain itu juga buah ini kaya akan manfaat yang bermanfaat bagi tubuh anda.

Buah jamblang ini dapat dijumpai baik yang dibudidayakan atau pun yang tumbuh secara alami atau liar di benua Asia dan Australia. Diketahui pohon jamblang ini memiliki daerah sebaran alaminya yaitu di Himalaya bagian subtropis, India, Srilanka, Malaysia, Indonesia dan Australia.

Sebagaimana informasi, buah jamblang telah banyak ditanam diseluruh kawasan tropika dan subtropika. Di pulau Jawa tumbuh liar di hutan jati dan dibudidayakan sebagai pohon buah di pekarangan, dari dataran yang rendah hingga 500 mdpl. Walaupun demikian, ia dapat tumbuh pada ketinggian 1800 mdpl.

Baca Juga: 13 Manfaat Daun Basil yang Baik untuk Tubuh Anda, Salah Satunya Mencegah Bau Badan

Berikut di bawah ini ada beberapa manfaat dari buah jamblang yang perlu anda ketahui:


1. Sumber energi untuk tubuh

Buah jamblang ini kaya akan protein, karbohidrat dan lemak baik. Sumber energi yang sangat diperlukan bagi tubuh kita tentunya, jika tubuh sedang lemas seusai berolah raga, ada baiknya makanlan buah ini agar mengembalikan kembali stamina yang sudah terkuras habis sesudah olah raga.

2. Pembentukan sel darah merah

Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan anemia, konsentrasi menurun dan terganggunya emosi. Dengan mengkonsumsi jus segar ini, yang kaya akan zat besi mampu meningkatkan sel darah merah kembali.

3. Menguatkan tulang dan gigi

Manfaat buah jamblang kaya akan kalsium, magnesium, fospor dan zat besi yang baik untuk memadatkan tulang kita sehingga akan menguatkan tulang dan gigi. Selain itu juga dapat meredakan radang sendi dan osteoporosis

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X