Kamu Wajib Tahu! Inilah Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Begini Cara Penyajiannya

- 5 Juli 2022, 17:53 WIB
Daun kelor./instagram.com/puspita.rany28
Daun kelor./instagram.com/puspita.rany28 /

BAGIKAN BERITA - Siapa sangka ternyata daun kelor mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Salah satu manfaat daun kelor untuk kesehatan adalah bisa mengontrol tekanan darah pada pasien hipertensi.

Manfaat daun kelor yakni tinggi akan kandungan potasium, magnesium dan kalsium yang berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah.

Baca Juga: Inilah 5 Bahaya Main HP Menjelang Tidur, Salah Satunya Bisa Depresi

“Akhir-akhir ini banyak anjuran untuk membatasi garam, nah lawannya natrium (garam) ya potasium, jadi kalau kita banyak makan potasium itu dapat mengendalikan garam dalam tubuh, dan mencegah hipertensi,” ujar Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi (PERGIZI) dan Pangan Indonesia Prof. Hardinsyah

Namun, Hardinsyah mengingatkan kalau daun kelor adalah. makanan sehat untuk mengontrol tekanan darah namun tidak dapat dijadikan obat bagi penderita hipertensi.

Selain kandungan mineral yang tinggi, daun kelor juga tinggi akan serat, vitamin C serta vitamin A yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mengendalikan gula darah.

Baca Juga: Berikut Ini Gejala Serangan Jantung yang Harus Diwaspadai

"Vitamin C baik untuk imunitas tubuh, sehingga tidak mudah terkena penyakit menular seperti flu dan mampu memelihara kesehatan kulit terutama dalam proses penyembuhan luka sehingga tidak mudah infeksi," ujarnya.

Hardinsyah juga mengatakan kebutuhan asupan vitamin C harian sudah dapat terpenuhi dengan mengonsumsi 50 gram daun kelor segar.

“Tapi kalau kelor dibuat tepung dengan suhu tinggi, vitamin c berkurang jauh mungkin tinggal 10 hingga 20 persen saja,"ujarnya.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x