Hati-hati bagi yang Sering Tidur Siang, Dampaknya Bisa Kena Stroke, Ini Penjelasannya dari Para Ahli

- 31 Juli 2022, 21:58 WIB
Sebuah studi baru menemukan kebiasaan di siang hari yang banyak dilakukan orang-orang ternyata bisa memicu risiko stroke. Diantaranya tidur siang.
Sebuah studi baru menemukan kebiasaan di siang hari yang banyak dilakukan orang-orang ternyata bisa memicu risiko stroke. Diantaranya tidur siang. /Foto/Ilustrasi/Pexels

BAGIKAN BERITA - Hati-hati bagi anda yang sering tidur siang, pasalnya menurut studi terbaru orang yang sering tidur siang mungkin lebih berisiko terkena tekanan darah tinggi dan stroke.

Penelitan ini terkait sering tidur siang bisa terkena stroke diterbitkan jurnal American Heart Association Hypertension.

Dalam studi tersebut meneliti 360 ribu peserta yang memberikan sampel darah, urin dan air liur, serta informasi terperinci tentang gaya hidup mereka terkait dengan tidur siang.

Baca Juga: Hati-hati! Inilah Gejala Awal Terjangkit Penyakit Cacar Monyet

Kemudian Peserta juga mengisi kuisioner tentang apakah mereka “tidak pernah/jarang", "kadang-kadang" atau "biasa" tidur siang.

Ternyata hasilnya, para peneliti menemukan bahwa orang dewasa yang sering tidur siang memiliki kemungkinan 12 persen lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi dan 24 persen lebih mungkin terkena stroke.

Namun itu tidak berarti tidur siang selalu menyebabkan masalah kesehatan.

Baca Juga: Waspada! Walaupun Terlihat Sepele, Ternyata Ini Bahaya Mencabut Uban

Tidur siang bisa menjadi masalah kronis jika disebabkan oleh perilaku yang tidak sehat.

Kemduian para peneliti menemukan bahwa persentase tinggi dari orang yang sering tidur siang melaporkan merokok, minum alkohol setiap hari, insomnia.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x