Tips Tetap Produktif dan Bertahan di Tengah Pandemi bagi Industri Kreatif

- 12 September 2020, 16:02 WIB
Tips tetap Produktif dan Bertahan di Tengah Pandemi bagi Industri Kreatif
Tips tetap Produktif dan Bertahan di Tengah Pandemi bagi Industri Kreatif /DOK.Datascrip/

BAGIKAN BERITA -Pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai sektor industri. Menurut data dari Kementerian Perindustrian 60% industri mengalami dampak berat yang mengakibatkan di beberapa industri terpaksa harus menutup usahanya.

Tak terkecuali pada industri kreatif, seperti hiburan, perfilman, musik, kuliner dan lainnya.

Melihat hal tersebut, pt. Datascrip ingin memberikan tips bagi para pekerja di industri kreatif untuk bertahan di tengah pandemi dengan menggelar webinar yang bertema "Dampak Pandemi Terhadap Ekonomi Kreatif dan Solusinya" yang dibawakan oleh Chris Lie, seorang komikus lokal dari Caravan Studio yang karya-karyanya sudah mendunia. Sabtu (12/9). Webinar ini merupakan bagian dari rangkaian Datascrip e-Expo 2020 yang berlangsung dari tanggal 7 - 12 September 2020.

Baca Juga: Konser Top 9 LIDA 2020 Grup 3 Malam Ini di Indosiar, Siapa Yang Tersenggol ?, Nantikan Pukul 20.00

"Pandemi Covid-19 ini telah berdampak besar pada perekonomian dan juga kehidupan kita. Bukan hanya pola hidup yang harus disesuaikan, namun juga pola kerja industri, terutama industri kreatif yang merupakan salah satu industri terbesar di Indonesia. Industri kreatif merupakan salah satu industri yang terkena dampak cukup besar dari pandemi ini. Webinar kali ini mengulas tips dan saran bagi para para pelaku industri kreatif agar tetap bisa berkreasi di tengah pandemi," ujar Mary T. Oetomo Direktur pt. Datascrip.

Chris Lie mengungkapkan bahwa, banyak sekali proses produksi yang harus terhenti, seperti di industri perfilman yang tidak bisa meneruskan produksi filmnya karena terbentur oleh berbagai aturan yang dikeluarkan di tengah pandemi, seperti jaga jarak dan menghindari kerumunan.

Selain perfilman, industri komik pun juga terdampak oleh pendemi ini. Pasalnya jalur distribusi utama dari komik, yaitu toko buku juga tidak berjalan. Oleh karena itu, para pelaku industri kreatif mencoba cara lain cara untuk memasarkan berbagai macam komik yang mereka buat.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Ciwidey Yang Wajib di Kunjungi, Double Swing Bikin Jantung Copot

Di masa pandemi ini, kita mencoba jalur distribusi lain, seperti memasarkan karya-karya kita melalui online, tidak semaksimal bila dipasarkan secara offline, namun setidaknya kita masih bisa memasarkan karya-karya kita, ujar Chris Lie.

Selanjutnya, Chris Lie memberikan beberapa tips untuk para pelaku industri kreatif agar dapat tetap berkarya di tengah pandemi, yaitu dengan mencoba terjun ke pekerjaan lain dengan memanfaatkan skill yang dimiliki seperti, menawarkan jasa kreatif yang berbeda dari yang selama ini dikerjakan atau menerima jenis pekerjaan lain yang masih berhubungan dengan kemampuan, menambah ilmu baru melalui belajar secara online atau membuka jasa mengajar melalui online.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x