6 Tips Menurunkan Kolesterol, Nomor 5 Paling Gampang

- 18 November 2020, 12:47 WIB
Ilustrasi makanan berkolestrol /Ali Bakti/BAGAIKAN BERITA

BAGIKAN BERITA - Kolesterol merupakan lemak yang berguna bagi tubuh. Kolesterol bisa diperoleh secara alami dari tubuh atau melalui makanan yang kita konsumsi. Tubuh memang membutuhkan zat ini untuk membangun sel-sel yang sehat.

Namun, jika terlalu banyak bisa menghalangi aliran darah bahkan berisiko menyumbatnya. Itu sebabnya, kolesterol tinggi bisa memicu berbagai penyakit terutama yang berhubungan dengan jantung.

Kolesterol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu.

Baca Juga: Menghilang Selama 20 Tahun, 'Ghost Stories' Akan Hadir di Bioskop Trans TV Malam Ini

Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. Meskipun penting bagi tubuh, kolesterol dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi.

Kolesterol terbagi atas dua jenis, yakni kolesterol jahat ( low-density lipoprotein) dan kolesterol baik (high-density lipoprotein).

High-density lipoprotein (HDL) bisa dikatakan baik, karena kolesterol ini bekerja untuk membantu membersihkan low-density lipoprotein (LDL) dari aliran darah. Sedangkan LDL disebut jahat, karena kolesterol ini suka menempel dan menyumbat aliran darah.

Baca Juga: Peran Arya Saloka Ikatan Cinta RCTI Akan di Ganti Orang Lain, 'Banyak Orang Ingin Menjatuhkan'

Selain dua jenis kolesterol di atas, ada pula jenis lemak lain yang disebut trigliserida yang sering kali ikut diperiksa. Berbeda dari kolesterol yang diperlukan tubuh untuk membentuk sel dan sejumlah hormon, trigliserida digunakan sebagai sumber tenaga.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X