Akhirnya, Once Buka Suara Soal Larangan Ahmad Dhani untuk Dirinya Menyanyikan Lagu Dewa 19

- 31 Maret 2023, 21:28 WIB
Once Mekel buka suara terkait tuduhan tidak bayar royalti
Once Mekel buka suara terkait tuduhan tidak bayar royalti /blora.pikiran-rakyat.com/ M. In`Amul Muttaqin

BAGIKAN BERITA -- Once Mekel menanggapi sikap Ahmad Dhani yang melarang dirinya menyanyikan lagu Dewa 19. 

Larangan tersebut diutarakan oleh Ahmad Dhani yang akan segera menggelar tur konser setelah Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah. 

Ahmad Dhani secara tegas melarang Once menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 sepanjang Ahmad Dhani dan Dewa 19 tur konser. 

Once menyatakan bahwa merupakan hal penting bagi para pelaku industri musik Tanah Air untuk memahami Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta agar tidak tersesat dan merasa paling benar.

"Memahami Undang-Undang Hak Cipta Nomor 28 Tahun 2014, terutama bagi para pelaku industri musik tanah air merupakan suatu keharusan. Jika tidak, maka dipastikan mereka yang tidak memahami atau tidak mau belajar memahami akan tersesat. Dan yang gawat, orang-orang yang tersesat itu menganggap dirinya di jalan yang benar,” ujar Once dikutip BAGIKAN BERITA dari Antara News, Jumat 31 Maret 2023. 

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Persija Jakarta vs Persib Bandung di Indosiar Jumat 31 Maret 2023, Persija Unggul 1-0

Pernyataan penyanyi bernama lengkap Elfonda Mekel tersebut terkait dengan kisruh pelarangan penggunaan lagu-lagu Dewa 19 oleh pendiri grup tersebut yaitu Ahmad Dhani yang berbuntut tuntutan hukum pidana.

Menurut Once, kisruh yang melibatkan dirinya dan Ahmad Dhani dapat dilihat dari dua sudut pandang, yaitu permasalahan ketidakpahaman akan hukum positif yang berlaku dan hal lain yang bersifat lebih pribadi.

"Ada dua hal, pertama mungkin rasa tidak terpenuhinya fairness atau katakanlah keadilan. Kedua, masalah yang lebih pribadi lagi yang sebaiknya tidak perlu diungkapkan. Jadi, konteks masalahnya murni soal hukum yang berlaku dan soal ketidakpuasan terhadap penerapan hukum itu sendiri," kata Once.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x