6 Keutamaan Sholat Sunnah Rawatib, Nomor 4 Menyebabkan Seseorang Masuk Surga

- 3 Desember 2020, 07:02 WIB
6 Keutamaan Sholat Sunnah Rawatib, Nomor 4 Menyebabkan Seseorang Masuk Surga
6 Keutamaan Sholat Sunnah Rawatib, Nomor 4 Menyebabkan Seseorang Masuk Surga /pixabay/fuzz

BAGIKAN BERITA - Sholat sunnah Rawatib adalah sholat sunnah yang mengiringi sholat lima waktu. Sholat sunnah Rawatib yang dikerjakan sebelum sholat wajib disebut sholat sunnah qabliyah. Sedangkan, sesudah sholat wajib disebut sholat sunnah ba’diyah.


Rakaat sholat sunnah Rawatib yang dianjurkan untuk dikerjakan adalah dua rakaat atau empat rakaat sebelum Zhuhur, dua rakaat atau empat rakaat sesudah Zhuhur, dua rakaat sesudah Maghrib, dua rakaat sesudah ‘Isya, dua rakaat sebelum Subuh. 


Di antara tujuan disyariatkannya sholat sunnah qabliyah adalah agar jiwa memiliki persiapan sebelum melaksanakan sholat wajib. Jiwa ini telah disibukkan dengan berbagai urusan dunia. Agar jiwa tidak lalai dan siap, maka ada sholat sunnah qabliyah.

Baca Juga: Bacaan Dzikir Pendek Setiap Hari, Rezekimu Mengalir Deras


Sedangkan, sholat sunnah ba’diyah dilaksanakan untuk menutup beberapa kekurangan dalam sholat wajib yang baru dilakukan.


Karena, pasti ada kekurangan di sana-sini ketika melakukannya. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah sholatnya.


Apabila sholatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila sholatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi.

Baca Juga: Inilah Dzikir Pelancar Rezeki Sesuai Tuntunan Rasulullah


Jika ada yang kurang dari sholat wajibnya, maka sholat sunnah tersebut akan menyempurnakannya .
Selain itu, sholat sunnah Rawatib memiliki keutamanan, di antaranya:


1.Menyempurnakan sholat wajib dan menutupi kekurangannya.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x