Kenapa Surat Al-Fatihah Diletakan Di Awal Alquran? Inilah Jawabannya

- 1 Januari 2021, 06:23 WIB
Kenapa Surat Al-Fatihah Diletakan Di Awal Alquran?  Inilah Jawabannya
Kenapa Surat Al-Fatihah Diletakan Di Awal Alquran? Inilah Jawabannya /Ali Bakti/Bagikan Berita

BAGIKAN BERITA - Jika diibaratkan sebuah rumah, surat al-Fatihah adalah pintu halamannya. Kemegahan Rumah dapat dinilai melalui keindahan halamannya.

Surat Al-Fatihah dipandang sebagai surat yang penuh keistimewaan. Banyak sekali keajaiban ketika umat muslim membacanya, salah satunya sebagai pembuka pintu rezeki.

Setiap muslim tahu, Al-Fatihah selalu ada di setiap rakaat dalam sholat. Itu menjadi salah satu faktor terpenting mengapa Al-Fatihah adalah surat yang penuh keistimewaan.

Baca Juga: Wajib Diketahui, Begini Adab Berpakaian Menurut Syariat Islam agar Terhindar dari Fitnah Dunia

Namun, pernah atau tidak Anda berpikir mengapa surat Al-Fatihah menjadi surat pembuka atau surat pertama dalam Alquran?

Ayat yang pertama kali turun kepada Rasulullah SAW. adalah lima ayat dari surat Al-Alaq. Namun, surat tersebut tidak utuh hanya lima ayat.

Sementara surat yang turun secara utuh dari ayat satu sampai akhir adalah surat Al-Fatihah. Itu sebabnya ustadz Muhammad Abduh berpendapat bahwa surat yang pertama kali turun bukan Al‘Alaq tapi Al-Fatihah karena turun secara utuh dalam satu surat. 

Menurut Muhammad Abduh, Allah SWT menempatkan Al-Fatihah sebagai surat pertama karena  pokok-pokok kandungan Alquran tercermin dalam ayat-ayat surat Al Fatihah. 

Baca Juga: 4 Sifat Anak dalam Alquran, Nomor 2 yang Paling Didambakan Orang tua

Tauhid terdapat pada ayat kedua dan kelima; Janji dan ancaman tersurat pada ayat pertama, ketiga dan ketujuh; Ibadah pada ayat kelima dan ketujuh; Sejarah masa  lalu diisyaratkan dalam ayat ketujuh. 

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x