7 Cara Ampuh Ajarkan Anak Sholat Tanpa Paksaan, Nomor 3 Paling Ampuh

- 14 Januari 2021, 17:03 WIB
7 Cara Ampuh Membuat Anak Sholat Tanpa Debat/Pixabay /

BAGIKAN BERITA - Sholat wajib dikenalkan dan diajarkan sejak anak usia dini. Sebab mulai usia tujuh tahun Rasulullah SAW mewajibkan anak untuk sholat. Jika di usia 10 tahun masih malas sholat, orang tua wajib memberikan teguran dengan lebih tegas.

Mengajarkan anak sholat, merupakan bagian dari tahapan penting dalam mendidik anak secara Islami, terutama ketika anak masih balita. Di usia di bawah lima tahun ini, orangtua bisa mulai mengajar cara berwudhu dan gerakan sholat.

Tidak usah langsung menuntut anak bisa melakukan dengan sempurna, karena belajar perlu mengalami banyak kesalahan dan sabar untuk mengulang-ulang.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta Kamis 14 Januari 2021: Al Diatas Angin, Angga Bocorkan Pembunuh Roy Itu Elsa

Asal istiqomah, harapannya seiring waktu dan tumbuh kembang anak, proses belajar sholat akan bertambah baik. Setidaknya dalam urusan gerakan dan bacaan.

Jika sholat sudah dijadikan kebiasaan dan pemahaman yang diberikan dengan baik, maka anak akan tahu tanggung jawabnya sebagai orang Islam. Orang tua tak perlu memaksanya untuk mendirikan sholatnya.

Firman Allah:

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat. Ya Tuhan kami, kabulkanlah doaku.” (Q.S. Ibrahim :

Berikut ini cara melatih atau mengajarkan anak sholat lima waktu dan membiasakannya seperti telah dirangkum oleh Bagian Berita dari berbagai sumber:

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X