Manfaat Daun Hingga Akar Tanaman Sirsak Bagi Kesehatan

- 18 Januari 2021, 12:09 WIB
Ilustrasi pohon dan buah sirsak*/
Ilustrasi pohon dan buah sirsak*/ /Pixabay.com/

BAGIKAN BERITA - Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. 

Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), deureuyan belanda (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung).

Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa. 

Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil  daging  buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair.

Dikutip Bagikan Berita dari Wikipedia bahasa Indonesia dan ensiklopedia bebas, pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 M dari permukaan laut.

Manfaat tanaman sirsak sangatlah banyak. Selain buahnya ternyata seluruh bagian dari tumbuhan sirsak mempunyai banyak manfaat. 
Dari  daun, buah, sampai ke akarnya. 

Berikut ini beberapa manfaat tumbuhan sirsak 

Daun sirsak ternyata memiliki banyak kegunaan. Hal ini disebabkan karena pada daun sirsak mengandung banyak acetogenins.

Dibeberapa negara daun sirsak mempunyai manfaat diantaranya:

Halaman:

Editor: Yusuf Ariyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x