Khasiat dan Manfaat Jinten Hitam Bagi Kesehatan, Penderita Asma dan Kanker Begini Cara Pemakaiannya

- 19 Januari 2021, 14:01 WIB
Ilustrasi khasiat dan manfaat Jinten hitam atau Habbatussauda bagi kesehatan*/
Ilustrasi khasiat dan manfaat Jinten hitam atau Habbatussauda bagi kesehatan*/ /Pikwizard/

BAGIKAN BERITA - Sebelum kita mengulas khasiat dan manfaat Jinten hitam untuk kesehatan. Mungkin ada yang belum tahu, apakah Jinten hitam atau Habbatussauda itu?

Jinten hitam atau Habbatussauda merupakan tanaman obat yang tumbuh liar pada setiap musim di beberapa kawasan seperti di utara Afrika, Asia dan Jazirah Arab.

Mengutip dari Wikipedia.org, nama ilmiah jinten hitam atau Habbatussauda adalah Nigella sativa. Nigella Sativa dikenal umum dalam bahasa Arab sebagai Habbatul - Baraka biji yang diberkahi) dan dalam bahasa Inggris dengan istilah yang sangat romantis, yakni Love in the Mist (Cinta dalam kabut).

Baca Juga: Manfaat Daun Hingga Akar Tanaman Sirsak Bagi Kesehatan

Tanaman jinten hitam atau habbatussauda berbatang pendek, tingginya 50 cm, masih satu famili dengan Adas (Foeniculum capillaceum) dan Anise (Pimpinella anisum), sehingga terkadang dikira salah satu jenis tumbuhan adas.

Buahnya berbentuk mirip kapsul, yang di dalamnya terdapat benih berwarna putih dengan bentuk segi empat. Warnanya cepat sekali berubah menjadi hitam jika terkena udara.

Selama lebih dari dua ribu tahun habbatussauda atau Jinten hitam, telah digunakan secara tradisional oleh berbagai budaya di seluruh dunia sebagai obat alami untuk beberapa penyakit dan untuk meningkatkan kesehatan secara umum.

Baca Juga: Mengejutkan, Inilah 4 Manfaat Makan Pepaya Setiap Hari, Nomor 4 Paling Banyak Dicari

Orang-orang Mesir kuno telah mengetahui dan menggunakan jinten hitam sebagai obat mujarab. Tutankhamun (Firaun dari Dinasti Kedelapan Belas Mesir yang memerintah 1333 SM -1324 SM, pada masa yang disebut Kerajaan Baru Mesir) bahkan punya botol minyak habbatussauda atau jinten hitam di makamnya.

Halaman:

Editor: Yusuf Ariyanto

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x