7 Tips Menjaga Kesehatan ala Sunnah Nabi Muhammad SAW, Nomor 5 Paling Penting! Yuk Kita Terapkan

- 27 Januari 2021, 07:37 WIB
7 Tips Menjaga Kesehatan ala Sunnah Nabi Muhammad SAW, Yuk! Kita Terapkan
7 Tips Menjaga Kesehatan ala Sunnah Nabi Muhammad SAW, Yuk! Kita Terapkan /Pixabay /Ekrem

BAGIKAN BERITA - Sesungguhnya telah ada dalam diri Rosullullah itu suri teladan yang baik bagi ( yaitu) bagi Orang yang memgharap ( rahmat ) Allah dan  ( kedatangan ) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah. ( Al- Ahzab, 33: 21 ).

Banyak yang mengatakan sehat itu mahal, padahal justru sehat itu murah, sakitlah yang mahal. Penting bagi Kita untuk melakukan tindakan pencegahan sebelum sakit, salah satunya adalah dengan mencontoh apa-apa yang dilakukan oleh rosulullah SAW.

" Dua nikmat yang sering kali manusia  tertipu oleh kedunya, yaitu kesehatan dan waktu luang ".( HR. Bukhori  no 6412 ).

Baca Juga: Ayu Ting Ting dan Adit Jayusman Siap menikah dalam Waktu Dekat: Telah Tunjuk WO!

Seumur hidupnya , Rosullullah hanya pernah mengalami  sakit dua kali. Sakit pertama ketika diracuni oleh seorang wanita yahudi yang menghidangkan makanan kepada Rosulullah SAW di Madinah. Kedua ketika menjelang wafatnya.

Berikut di bawah ini tujuh menjaga kesehatan sesuai Sunnah Nabu Muhammad SAW dilansir BAGIKAN BERITA dari Channel Youtube MG Channel:

1. Cepat Tidur dan Cepat Bangun

Rosulullah SAW tidak menganjurkan umatnya untuk begadang, hal itu yang melatari beliau tidak menyukai bincang-bincang dan makan sesudah waktu isya. Jik sudah waktunya tidur, maka Rosulullah akan tidur. Tidur yang tepat dimalam hari kira-kira sesuai istirahat setelah solat isya kurang lebih pukul 21.30 WIB dan Pukul 03.00 dini hari terbangun menunaikan solat malam. Dengan demikian waktu yang digunakan tidur ialah 8 jam. Sepertiga untuk beribadah, bekerja dan istirahat.

Baca Juga: Jalan Cerita Ikatan Cinta Episode 169-140: Mama Rosa Menangis Ingin Bertemu Pembunuh Roy, Aldebaran Bingung

2. Rosulullan Sering Berpuasa

Hai Orang- orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana Orang diwajibkan atas orang- orang-orang sebelum  agar kamu bertaqwa dan berpuasa lebih baik. Bagimu jika kamj mengetahui, puasa luar biasa  ajaib, sebab, dapat juga menyembuhkan ratusan jenis penyakit lainnya seperti tekanan darah tinggi, diabetes, asma, penyakit pernafasan, jantung, dan pengerasan arteri. Puasa menyembuhkan penyakit hati tanpa efek samping, menyembuhkan penyakit kulit misalnya alergi dan lain sebagainya. Serta mencegah penyakit paru-paru, mencegah, penyakit kanker dan puasa dianggap sebagai senjata paling ampuh dalam dunia kedokteran.

3. Tidak Pemarah

Nasihat rosulullah jaga marah diulang tiga kali, ini menunjukan hakikat kekuatan  seseorang terletak dari jasad, tetapi pada kebersihan jiwa. Tidak mudah marah juga terbukti menyehatkan tubuh.

4. Jaga Kebersihan

Rosuluah SAW terbiasa tampak bersih dan rapi, tiap kamis dan jumat beliau selalu mencukur bulu halus dipipi, memotong kuku, serta memakai minyak wangi. Rosulullah juga membersihkan mulut dan gigi melalui sunnah beliau. Berisiwak sampai sekarangpun masih tetap dianut dan diikuti oleh umat seluruh dunia.

Baca Juga: Inilah 4 Keutamanan Sholawat Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW, Nomor 3 yang Semua Manusia Inginkan

5. Menjaga Pola Makan

Rosullullah SAW menganjurkan setiap umatnya untul tidak makan secara berlebihan, makan-makanan dengan porsi  besar atau malah menghamburkan-hamburkan makanan. Rosulullah SAW selalu menyarankan makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.

6. Berolahraga

Rosulullah SAW pun melakukan beberapa  jenis olah raga yang menunjukan bahwa tubuh beliau tidak hanya sehat dan juga kuat, beliau pernah berlomb lari, bertanding gulat bajkan juga memanah.

Rosulullah bersabda:" ketahuilah bahwa yang dimaksud kekuatan itu adalah memanah, beliau
mengucapkannya tiga kali" ( HR. Muslim ).

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling Cimahi dan KBB Hari Ini Rabu, 27 Januari 2021, Lengkap dengan Biayanya

Di dalam Hadist lain juga dijelaskan " kamu harus belajar memanah, karena memanah itu termasuk sebaik-baik permainanmu" ( HR. Bazzar dan Thabrani ).

7. Bersosialisasi

Sebuah studi du Harvard  School Of Public Health, menunjukab bahwa pria berusia 70 tahun yang memiliki hubungan sosial yang baik. Memiki kemungkinan lebih kecil mengalami kerusakan atau penyakit jantung, kita semua mengetahui bahwa, Rosulullah memiliki banyak sahabat selalu membagi silaturahmi dengam karib kerabat, serta bertetangga dengam baik, baik sosialisasi juga merupakam salah satu tips menjaga kesehatan ala Rosulullah yang patut kita tiru,***

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x