Tidak Bisa Beribadah ke Tanah Suci Terkendala Biaya Jangan Risau, Inilah 7 Amalan yang Bisa Menggantikannya

- 6 April 2021, 05:05 WIB
Tidak Bisa Beribadah ke Tanah Suci Terkendala Biaya Jangan Risau, Inilah 7 Amalan yang Bisa Menggantikannya
Tidak Bisa Beribadah ke Tanah Suci Terkendala Biaya Jangan Risau, Inilah 7 Amalan yang Bisa Menggantikannya /Pixabay/

BAGIKAN BERITA - Beribadah ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji merupakan suatu cita-cita semua muslim yang beriman.

Selain merupakan rukum Islam kelima, beribadah ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji merupakan kewajiban bagi orang muslim yang mampu secara finansial.

Sayangnya tidak semua umat Muslim bisa berangkat beribadah ke Tanah Suci. Bahkan, ada saja halangan yang membuat ibadah tersebut tertunda.

Baca Juga: Turut Berduka Cita dan Prihatin, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Ucapkan Kata Duka Atas Bencana Alam di NTT

Karena ibadah haji termasuk ibadah mewah. Sulit dikerjakan tanpa menyediakan dana puluhan juta rupiah. Sekiranya ada dana, itu pun masih terganjal kuota.

Begitu sulit meraih pahala haji. Bagi yang tidak berkemampuan, hanya bisa menumpahkan kerinduan itu di dalam doa-doanya.

Bagaimana bagi mereka yang tidak mampu, apakah cukup dengan mengelus dada seraya berdoa sambil menggantungkan harapan yang kemungkinan tidak tercapai? Tidak harus demikian.

Baca Juga: Waduh! Karena Berpose Telanjang, Sekelompok Perempuan Cantik Ditangkap Polisi di Dubai Uni Emirat Arab

Allah SWT Maha Memberi Motivasi dan Rasul-Nya pandai menghibur. Sesungguhnya, agama ini dibangun atas dasar kemudahan, tiada mempersulit dan tanpa paksaan bagi yang tidak berkemampuan.

“Allah menghendaki kemudahan dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 185) Allah memahami kadar kemampuan hamba-Nya, sehingga Dia tidak mewajibkan sesuatu melainkan sesuai dengan kemampuan hamba-Nya.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x