Inilah 5 Etika yang Harus Dipatuhi oleh Semua Orang Termasuk Pejabat Ketika akan Sholat Berjemaah di Masjid

- 7 April 2021, 13:46 WIB
5 Etika yang Harus  Dipatuhi oleh Semua Orang Termasuk Pejabat Ketika akan Sholat Berjemaah di Masjid
5 Etika yang Harus Dipatuhi oleh Semua Orang Termasuk Pejabat Ketika akan Sholat Berjemaah di Masjid /instagram/khabib_nurmagomedov/

BAGIKAN BERITA- Sholat berjemaah selain sebagai simbol keutuhan umat Islam, juga menghilangkan sekat perbedaan dan menjadi pemersatu serta memperkuat ikatan persaudaraan sesama Muslim.

Selain itu dalam sholat berjamaah harus memperhatikan beberapa etika. Hal itu dilakukan agar ibadah kita kian sempurna di sisi Allah. Berikut pemaparannya.

Sholat merupakan tuntunan ibadah wajib yang harus ditunaikan oleh seluruh umat muslim. Bukan tanpa alasan, sholat sendiri masuk dalam rukun islam kedua yang menjadi tiang agama sebagai wujud keimanan kepada Allah SWT.

Baca Juga: Setelah Keluar Penjara dan Banyak Job, Lucinta Luna Bingung Kebanyakan Uang: Sekarang Beli Apalagi Yah!

Saking utamanya, sebagian ulama bahkan menyatakan bahwa salat lima waktu wajib dikerjakan secara berjamaah bagi laki-laki muslim, serta berdosa jika meninggalkannya dengan sengaja.

Keutamaan salat berjamaah ini amat besar, sebagaimana tergambar dalam sabda Nabi Muhammad SAW: "Salat berjamaah lebih afdal daripada salat sendirian dengan perbandingan dua puluh tujuh derajat," (H.R. Muslim).

Sholat berjemaah selain sebagai simbol keutuhan umat Islam, juga menghilangkan sekat perbedaan dan menjadi pemersatu serta memperkuat ikatan persaudaraan sesama Muslim.

Baca Juga: Setelah Dinyatakan Sembuh dari Kanker Ovarium, Feby Febiola Terlihat Gemuk dan Bahagia Berswafoto dengan Suami

Hal itu mengindikasikan pentingnya sholat berjamaah di masjid. Selain keutamaan pahala, sholat berjamaah juga menunjukkan kekompakan umat.

Seperti diisyaratkan oleh Rasulullah SAW, “... Hendaklah kalian selalu berjamaah karena serigala itu selalu menerkam kambing yang terpisah dari kelompoknya” (H.R. Ahmad, Abu Daud, dan Nasa’i).

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X