Tak Bisa ke Tanah Suci karena Covid-19, Jangan Takut, inilah 7 Amalan yang Pahalanya Sama dengan Ibadah Haji

- 13 Juli 2021, 11:26 WIB
Tak Bisa ke Tanah Suci karena Covid-19, Jangan Takut, inilah 7 Amalan yang Pahalanya Sama dengan Ibadah Haji
Tak Bisa ke Tanah Suci karena Covid-19, Jangan Takut, inilah 7 Amalan yang Pahalanya Sama dengan Ibadah Haji /pixabay/

BAGIKAN BERITA - Covid-19 yang kini sedang mengganas di Indonesia membuat semua perjalanan ke luar negeri menjadi terhambat, salah satunya ibadah haji ke tanah suci.

Bahkan pemerintah Indonesia telah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jamaah haji Indonesia ke tanah suci dengan alasan keamanan, menjaga warganya dari terpapar Covid-19 yang bisa menyebabkan kematian.

Sebelumnya pemerintah pada tahun yang lalu juga tak memberangkatkan jemaah haji karena pendemi Covid-19. Ini jadi tahun kedua, pemerintah tak mengirim jemaah untuk ibadah haji ke tanah suci.

Baca Juga: Hidayat Nur Wahid Minta Pemerintah Tutup Kedatangan WNA: Terbukti ada TKA China Masuk Indonesia Positif Corona

Untuk menyikapi itu, kita harus berlapang dada dan jangan berkecil hati, , Allah itu Maha Pemurah dan Mahaluas karunia-Nya.

Di antara bentuk kemahamurahan-Nya, Dia memberikan amalan-amalan lain yang pahalanya sepadan dengan pahala ibadah haji,. Di antara amalan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Pergi ke masjid untuk belajar agama atau mengajarkannya. “Barang siapa yang berangkat ke masjid dan dia tidak menginginkan kecuali untuk belajar suatu kebaikan atau mengajarkannya maka baginya adalah seperti pahala orang yang beribadah haji dengan sempurna” (H.R. Thabrani).

Baca Juga: Ikatan Cinta RCTI, Selasa 13 Juli 2021, Papa Surya Bingung Mama Sarah Ancam Bunuh Diri, Aldebaran Kian Waspada

2. Berdzikirlah kepada Allah SWT setiap selesai shalat fardhu. Dari Abu Darda r.a., dia berkata, “Kami berkata kepada Rasulullah Saw., ‘Wahai Rasulullah, orang-orang kaya mendapatkan pahala haji, sementara kami tidak mampu menunaikannya. Mereka berjihad dengan harta, sementara kami tidak mampu berjihad karena kekurangan harta.” Maka, Rasulullah bersabda, “Maukah kalian aku tunjukkan kepada sesuatu yang lebih baik dari apa yang mereka dapatkan? Bacalah tasbih sebanyak tiga puluh tiga kali, tahmid tiga puluh tiga kali, dan takbir tiga puluh tigat kali setiap selesai shalat lima waktu.” (H.R.Ahmad).

3. Melaksanakan shalat lima waktu di masjid. “Barang siapa keluar dari rumahnya dalam keadaan suci untuk shalat fardhu maka pahalanya seperti haji.” (H.R. Abu Daud).

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x