5 Tips Mudah Memilih Hewan Kurban yang Sehat disaat Pandemi

- 17 Juli 2021, 14:57 WIB
5 Tips  Mudah Memilih Hewan Kurban yang Sehat disaat Pandemi
5 Tips Mudah Memilih Hewan Kurban yang Sehat disaat Pandemi /pixabay/

BAGIKAN BERITA - Ibadah kurban atau yang sering juga disebut ‘udhhiyah, rutin dilaksanakan umat Islam setiap tahun. Adapun hewan yang biasa disembelih untuk ibadah kurban di Indonesia adalah domba atau sapi yang sehat.

Untuk mengetahui makna dan pahala ibadah kurban, kita harus mengetahui aturan syari'at yang berhubungan dengan ibadah penyembelihan hewan kurban yang sehat ini.

Khusus mengenai ketentuan-ketentuan fisik hewan ternak yang dapat kita jadikan kurban, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut tips memilih hewan kurban yang sehat disaat pandemi.

Baca Juga: Biodata Ustaz Solmed, Pendakwah Kondang yang Baru Kehilangan Ayah Ibunya dalam Kurun Waktu 5 Hari

1. Pilih ternak hewanyang cukup umur, sehat (tidak cacat), dan berjenis kelamin jantan. Kriteria cukup umur (dewasa) untuk kambing dan domba rata-rata sekitar 12-18 bulan, sedangkan untuk sapi dan kerbau sekitar 22 bulan.

Beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengetahui umur ternak antara lain adalah dengan melihat catatan kelahiran ternak tersebut. Anda dapat bertanya kepada pemilik atau penjual hewan kurban.

Cara lain adalah dengan melihat gigi calon hewan kurban. Jika gigi susunya telah tanggal (dua gigi susu yang di depan), hal tersebut menandakan ternak (kambing dan domba) telah berumur sekitar 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau sekitar 22 bulan.

Baca Juga: Inilah Resep Dendeng Ragi atau Serundeng Daging dari Jawa Timur, Cocok Disajikan saat Perayaan Idul Adha

Secara fisik, memilih hewan kurban seperti sapi, kambing, dan domba bisa dilihat dari aktivitas fisiknya. Bila pergerakannya aktif saat didekati, maka dapat dikatakan hewan tersebut sehat.

Ternak yang sehat adalah yang gerak/tempramennya bebas, lincah, kuat, bersemangat, tidak pincang, tidak gelisah, dan selera makannya bagus. Rambut atau bulunya halus, mengkilap, tidak rontok, tidak mengalami kebotakan, tidak berdiri, tidak ada perubahan warna, serta tidak dihinggapi parasit kulit (caplak, tungau, kutu, dan lain-lain).

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x