Niat Puasa Tarwiyah, Berikut Tata Cara dan Keutamaan Puasa Tarwiyah yang Dilakukan Besok Minggu 18 Juli 2021

- 17 Juli 2021, 21:26 WIB
Ilustrasi puasa Tarwiyah yang jatuh pada Minggu 18 Juli 2021.
Ilustrasi puasa Tarwiyah yang jatuh pada Minggu 18 Juli 2021. /Pixabay/mohamed_hassan//

BAGIKAN BERITA - Umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Adha yang bertepatan pada Selasa 20 Juli 2021. 

Idul Adha dilaksanakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Di mana, tanggal tersebut adalah puncak dari pelaksanaan ibadah haji di Mekkah

Sebelum melaksanakan Hari Raya Idul Adha, ada amalan penting yang bisa dikerjakan umat Islam. Yakni, puasa sunnah Tarwiyah. 

Baca Juga: Inilah Niat Puasa Sunnah Arafah dan Sunnah Tarwiyah Lengkap dengan Artinya Beserta Huruf Latin

Melansir NU Online, Puasa Tarwiyah merupakan puasa yang dilaksanakan pada hari Tarwiyah, yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah. Itu artinya Puasa Tarwiyah 2021 akan jatuh pada hari Minggu tanggal 18 Juli 2021.

Sebab, Idul Adha 1442 H 10 Dzulhijjah telah ditetapkan pemerintah akan dirayakan pada tanggal 20 Juli 2021. Sehari sebelumnya, anda juga dapat menjalankan puasa arafah 2021, yaitu pada hari Senin, 19 Juli 2021.

Keutamaan puasa Tarwiyah didasarkan salah satu hadits yang menyebutkan bahwa puasa pada hari Tarwiyah dapat menghapuskan dosa satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan dosa dua tahun. 

Baca Juga: Biodata dan Status Kartika Sary, Adik Bungsu Krisdayanti dan Yuni Shara, Sukses Jadi Pebisnis Muda

Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas" (HR Muslim).  

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: NU Online


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X