5 Etika Sholat Berjemaah yang Harus Dipatuhi Setiap Orang Termasuk Pejabat Tinggi Negara

- 2 September 2021, 23:18 WIB
5 Etika Sholat Berjemaah yang Harus Dipatuhi Setiap Orang Termasuk Pejabat Tinggi Negara
5 Etika Sholat Berjemaah yang Harus Dipatuhi Setiap Orang Termasuk Pejabat Tinggi Negara /instagram/khabib_nurmagomedov/

BAGIKAN BERITA- Sholat berjemaah selain sebagai simbol keutuhan umat Islam, juga menghilangkan sekat perbedaan dan menjadi pemersatu serta memperkuat ikatan persaudaraan sesama Muslim. 

Selain itu dalam sholat berjamaah harus memperhatikan beberapa etika. yang harus dipatuhi termasuk pejabat tinggi negara, hal itu dilakukan agar ibadah kita kian sempurna di sisi Allah. Berikut pemaparannya.

Sholat merupakan tuntunan ibadah wajib yang harus ditunaikan oleh seluruh umat muslim. Bukan tanpa alasan, sholat sendiri masuk dalam rukun islam kedua yang menjadi tiang agama sebagai wujud keimanan kepada Allah SWT.

Baca Juga: Waduh! Komika Coki Pardede Diduga Ditangkap Polisi Ketika Sedang Nonton Video Dewasa Sesama Jenis

Saking utamanya, sebagian ulama bahkan menyatakan bahwa salat lima waktu wajib dikerjakan secara berjamaah bagi laki-laki muslim, serta berdosa jika meninggalkannya dengan sengaja.

Keutamaan sholat berjamaah ini amat besar, sebagaimana tergambar dalam sabda Nabi Muhammad SAW: "Salat berjamaah lebih afdal daripada salat sendirian dengan perbandingan dua puluh tujuh derajat," (H.R. Muslim).

Sholat berjemaah selain sebagai simbol keutuhan umat Islam, juga menghilangkan sekat perbedaan dan menjadi pemersatu serta memperkuat ikatan persaudaraan sesama Muslim.

Baca Juga: Dipinjamkan Barcelona ke Atletico Madrid, Antoine Griezmann Rela Gajinya Dipotonng 50 Persen

Hal itu mengindikasikan pentingnya sholat berjamaah di masjid. Selain keutamaan pahala, sholat berjamaah juga menunjukkan kekompakan umat.

Seperti diisyaratkan oleh Rasulullah SAW, “... Hendaklah kalian selalu berjamaah karena serigala itu selalu menerkam kambing yang terpisah dari kelompoknya” (H.R. Ahmad, Abu Daud, dan Nasa’i).

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x