Berbakti kepada Orang tua, Pahalanya Sepadan dengan Ibadah Haji dan Umroh, Ini Penjelasannya

- 16 Oktober 2021, 06:41 WIB
Kabah, tempat orang melaksanakan rukun Islam ke-5
Kabah, tempat orang melaksanakan rukun Islam ke-5 /Pixabay/

BAGIKAN BERITA - Berbakti kepada orang tua merupakan sebuah kewajiban yang harus kita lakukan sebagai seorang anak, Rasulullah pernah berwasiat untuk memuliakan ibu, bahkan beliau mengatakan pahalanya Sepadan dengan Ibadah Haji dan Umroh, Berikut Ini penjelasannya.

Covid-19 yang kini sedang mengganas di Indonesia membuat semua perjalanan ke luar negeri menjadi terhambat, salah satunya ibadah haji ke tanah suci.

Bahkan pemerintah Indonesia telah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jamaah haji Indonesia ke tanah suci dengan alasan keamanan, menjaga warganya dari terpapar Covid-19 yang bisa menyebabkan kematian.

Baca Juga: Cair Dapat Rezeki, Ini Syarat Dapat KUR BRI hingga Rp50 Juta bagi UMKM yang Terdampak Pandemi, Simak Disini

Sebelumnya pemerintah pada tahun yang lalu juga tak memberangkatkan jamaah haji karena pandemi Covid-19. Ini jadi tahun kedua, pemerintah tak mengirim jemaah untuk ibadah haji ke tanah suci.

Untuk menyikapi itu, kita harus berlapang dada dan jangan berkecil hati, , Allah itu Maha Pemurah dan Maha luas karunia-Nya.

Di antara bentuk kemahamurahan-Nya, Dia memberikan amalan-amalan lain yang pahalanya sepadan dengan pahala ibadah haji. Di antara amalan tersebut adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Cara Praktis Pengajuan KUR BRI hingga Cair Rp50 Juta, Siapkan Dokumen Ini dan Ikuti Langkahnya

1. Berbakti kepada kedua orang tua. Karena Rasulullah Saw. pernah berwasiat untuk berbakti kepada ibu dan ayah, lalu beliau bersabda, “Kamu seperti orang yang menunaikan haji, menunaikan umroh, dan orang yang berjihad.”

2. Pergi ke masjid untuk belajar agama atau mengajarkannya. “Barang siapa yang berangkat ke masjid dan dia tidak menginginkan kecuali untuk belajar suatu kebaikan atau mengajarkannya maka baginya adalah seperti pahala orang yang beribadah haji dengan sempurna” (H.R. Thabrani).

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x