Bacaan Doa saat Turun Hujan hingga Setelahnya Lengkap Artinnya, Berdoa Supaya Diberkahi Atas Lindungan-Nya

- 19 Oktober 2021, 17:45 WIB
Bacaan doa hujan memohon keberkahan.
Bacaan doa hujan memohon keberkahan. /PIXABAY

 
BAGIKAN BERITA - Sebagian daerah di Indonesia telah diguyur hujan, hujan juga merupakan berkah juga anugerah yang diturunkan oleh Allah SWT, kita patut mensyukuri dan mendoakan keberkahan dan lindungan dari-Nya.
 
Hujan turun banyak memberikan manfaat, semua makhluk hidup di bumi tidak kekurangan air, tumbuh-tumbuhan menjadi subur begitupun tanah tidak mengalami kekeringan, dan banyak manfaat lainnya.
 
Dalam Islam, umatnya dianjurkan memanjatkan doa hujan terutama saat hujan sedang turun, begitupun saat memohon untuk turun hujan hingga hujan reda, supaya membawa kebarkahan dan dipenuhi rasa syukur saat hujan turun.
 
 
Berikut doa-doa yang bisa dibaca saat turun hujan beserta artinya, baik disaat hujan sedang turun, ringan hingga deras, dan setelah hujan mereda.
 
1. Doa Saat Hujan Turun
 
اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا
 
Latin: “Allahumma shayyiban nafi’an."
 
Artinya: "Ya Allah, curahkanlah air (hujan) yang bermanfaat."
(HR Bukhari dari Ummul Mukminin, Aisyah RA)
 
2. Doa Terhindar Bahaya Hujan Deras
 
اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَر
 
Latin: “Allahumma hawalaina wala ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari."
 
Artinya: "Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami, jangan hujan (yang membahayakan dan merusak) di atas kami. Ya Allah, turunkanlah hujan di atas bukit-bukit, hutan-hutan lebat, gunung-gunung kecil, lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuh pepohonan." (HR Bukhari Muslim) 
 
3. Doa Setelah Hujan Turun

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ

Latin: "Muthirnaa bifadhlillahi wa rahmatihi."

Artinya: "Diturunkan kepada kami, hujan berkat anugerah serta rahmat-Nya." (HR Bukhari)
 
Berikut bacaan doa hujan yang dapat kita baca untuk memohon keberkahan dan rasa syukur atas turunnya hujan, semoga hujan yang turun memberikan kebaikan dan keberkahan bagi kita semua dan selalu berada dalam lindungan-Nya kapanpun dimanapun.***

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x