Al Fatihah Bukan Surat Pertama yang Diturunkan Allah SWT tapi Ditempatkan Diawal Al Qur'an, Ini Jawabannya

- 21 Oktober 2021, 20:11 WIB
Surat Al Fatihah
Surat Al Fatihah /Ali Bakti

BAGIKAN BERITA - Jika Anda belum tahu mengapa surat Al Fatihah di tempatkan diawal Al Qur'an, padahal surat yang penuh keistimewaan ini, bukan surat pertama yang diturunkan Allah SWT, berikut penjelasannya.

Surat Al Fatihah dalam Al Qur'an dipandang sebagai surat yang penuh keistimewaan. Banyak sekali keajaiban ketika umat muslim membacanya, salah satunya sebagai pembuka pintu rejeki.

Setiap muslim tahu, Al Fathihah selalu ada disetiap rakaat dalam sholat. Itu menjadi salah satu faktor terpenting mengapa Al Fatihah dalam Al Qur'an adalah surat yang penuh keistimewaan.

Baca Juga: 6 Langkah Mudah Buat Burekol bagi Pemilik Bank Non Himbara, Cair Rp1 Juta untuk Pekerja, Buruh, Cek di Sini

Ayat yang pertama kali turun kepada Rasulullah SAW adalah lima ayat dari surat Al-Alaq. Namun, surat tersebut tidak utuh hanya lima ayat.

Sementara surat yang turun secara utuh dari ayat satu sampai akhir adalah surat Al Fatihah. Itu sebabnya ustadz Muhammad Abduh berpendapat bahwa surat yang pertama kali turun bukan Al‘Alaq tapi Al-Fatihah karena turun secara utuh dalam satu surat.

Menurut Muhammad Abduh, Allah SWT menempatkan Al-Fatihah sebagai surat pertama karena pokok-pokok kandungan Al Qur'an tercermin dalam ayat-ayat surat Al Fatihah.

Baca Juga: Siapkan KTP, Kartu Keluarga dan Dokumen Lain, Ajukan KUR BRI hingga Rp100 Juta Tanpa Jaminan, Bunga 3 Persen

Tauhid terdapat pada ayat kedua dan kelima; Janji dan ancaman tersurat pada ayat pertama, ketiga dan ketujuh; Ibadah pada ayat kelima dan ketujuh; Sejarah masa lalu diisyaratkan dalam ayat ketujuh.

Sementara Ustadz Quraish Shihab menyebutkan, surat Al-Fatihah diletakkan pada awal Al Qur'an karena secara organis mempunyai hubungan yang erat dengan surat sesudahnya yaitu surat Al-Baqarah.

Halaman:

Editor: Ali Bakti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x