Ternyata Utang Piutang Bisa Mempererat Persahabatan, Ini Penjelasannya

- 16 November 2021, 17:00 WIB
Ilustrasi, Utang Piutang bisa mempererat persahabatann
Ilustrasi, Utang Piutang bisa mempererat persahabatann /Pixabay/

BAGIKAN BERITA - Jika dipraktekkan dengan benar, utang piutang dapat mendatangkan keuntungan, bukan hanya dari segi duniawi tapi juga ukhrawi. Selain itu bisa mempererat persahabatan. Ini penjelasannya

Ya, utang piutang dapat dimaknai lebih dari sekadar proses meminjamkan atau menerima pinjaman dengan konsekuensi pembayaran, baik tunai maupun dicicil, seperti disepakati kedua belah pihak.

Ada tiga hal yang dapat kita dapatkan dari transaksi utang piutang diantaranya.

Baca Juga: Rezeki Tak Diduga dari KUR BSI, Dapat Pinjaman Modal Kerja Tanpa Bunga hingga Rp10 Juta, Begini Caranya

Pertama, utang piutang sebagai sarana solusi permasalahan keuangan. Daripada terjerat riba rentenir, meminjam uang untuk kebutuhan yang mendesak kepada saudara seiman tentu lebih dianjurkan.

Tentu saja, berbagai kesepakatan mengenai tenggang pengembalian utang atau besarnya cicilan yang mampu dibayar per periodenya harus disepakati di awal agar tidak terjadi salah persepsi dan miskomunikasi yang dapat menjadi bibit permasalahan kelak di kemudian hari.

Pencatatan juga penting dilakukan mengingat kecenderungannya orang yang berutang selalu merasa bahwa utangnya tinggal sedikit dan orang yang memberi utang merasa piutangnya masih banyak.

Baca Juga: Tanpa Bunga dan Angsuran Ringan, Segera Daftar di KUR BSI, Bisa Dapat Pinjaman Modal Usaha hingga Rp500 Juta

Kedua, utang piutang sebagai sarana untuk membuat kita bekerja lebih giat. Bagi yang berutang, tentu saja harus lebih giat berusaha untuk mengembali atau paling tidak mencicil utang yang ditanggungnya.

Bagi yang memberikan utang, menolong orang yang membutuhkan (utang) adalah perbuatan mulia. Karenanya, dia harus berusaha lebih giat lagi agar berkesempatan untuk meminjamkan (uang) kepada lebih banyak orang yang memang tengah membutuhkan.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x