6 Cara Mudah Sukses Bangun Malam Untuk Sholat Tahajud, Salah Satunya Jangan Banyak Makan!

- 20 November 2021, 22:00 WIB
Ilustrasi, Sholat Tahajud
Ilustrasi, Sholat Tahajud / pexels/Monstera/

BAGIKAN BERITA - Berbicara masalah sholat sunnah, sholat tahajud termasuk sholat sunnah mu‘akad atau sangat dianjurkan dikerjakan oleh umat muslim yang beriman. Ini 6 cara mudah sukses bangun malam untuk sholat tahajud.

Selain itu, sholat tahajud merupakan amalan yang baik yang dikerjakan di di malam hari selain di bulan Ramadhan.

Pengerjaan sholat tahajud dilakukan pada malam hari dengan 11 rakaat. Namun, waktu paling utama untuk melakukannya adalah pada sepertiga akhir malam.

Baca Juga: Jadwal Acara Live BRI Liga1: Persib vs Persija, Persebaya vs Madura United di Indosiar, Sabtu 20 November 2021

Melaksanakan sholat tahajud juga tidak mudah karena harus menahan perasaan malas dan ngantuk untuk bangun.

Berikut ini beberapa tips bangun sholat tahajud yang disadur dari buku Melangkah ke Surga dengan Sholat Sunat karya Aam Amiruddin.

1. Menguatkan niat
Kalau sudah berniat tetapi kebablasan, niat kita tetap akan dicatat sebagai ibadah. Abu Darda r.a. berkata bahwa Rasulullah SAW. bersabda:

Baca Juga: Rejeki Sabtu Cair hingga Puluhan Juta Rupiah dari PNM Mekaar Plus Khusus untuk Perempuan, Ini Syaratnya

“Barang siapa yang akan tidur dan berniat hendak sholat malam, kemudian terlanjur terus tidur hingga pagi,maka di catatlah niatnya sebagai satu pahala, sedangkan tidurnya dianggap sebagai karunia Allah yang diberikan kepadanya” (H.R. Nasa’i dan Ibnu Majah).

2. Menghindari maksiat di siang hari.
Orang yang berbuat dosa tidak akan diberi pertolongan untuk bangun malam.Sebaliknya, orang yang berbuat baik akan selalu diberi kemudahan untuk bangun malam untuk Tahajud.

Halaman:

Editor: Ali Bakti


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X