Perbanyak Sholat Sunnah Rawatib, Salah Satu Keutamaannya Bisa Masuk Surga Menemani Rasulullah SAW

- 23 November 2021, 11:56 WIB
Sholat Sunnah Rawatib, Salah Satu Keutamaannya Bisa Masuk Surga Menemani Rasulullah SAW
Sholat Sunnah Rawatib, Salah Satu Keutamaannya Bisa Masuk Surga Menemani Rasulullah SAW /Pixabay/

BAGIKAN BERITA - Sholat rawatib adalah sholat sunnah yang mengiringi sholat lima waktu dan sholat sunnah ini selalu dikerjakan Rasulullah SAW semasa hidupnya. Bahkan sholat sunnah rawatib salah satu keutamaannya bisa mengantarkan pelakunya masuk ke surga menemani Rasulullah SAW.

Oleh karena itu, setiap umat Islam yang beriman disarankan untuk memperbanyak sholat sunnah rawatib untuk memperbanyak amalan ibadahnya. Berikut ini penjelasan tentang sholat sunnah rawatib.

Sholat sunnah rawatib yang dikerjakan sebelum sholat wajib disebut sholat sunnah qabliyah. Sedangkan, sesudah sholat wajib disebut sholat sunnah ba’diyah.

Baca Juga: Alhamdullilah Rezeki Wanita Sholehah, Dapat pinjaman Modal Tanpa Agunan dari PNM Mekaar Plus hingga Rp25 Juta

Rakaat sholat sunnah rawatib yang dianjurkan untuk dikerjakan adalah dua rakaat atau empat rakaat sebelum Zhuhur, dua rakaat atau empat rakaat sesudah Zhuhur, dua rakaat sesudah Maghrib, dua rakaat sesudah ‘Isya, dua rakaat sebelum Subuh.

Di antara tujuan disyariatkannya sholat sunnah qabliyah adalah agar jiwa memiliki persiapan sebelum melaksanakan sholat wajib. Jiwa ini telah disibukkan dengan berbagai urusan dunia. Agar jiwa tidak lalai dan siap, maka ada sholat sunnah qabliyah.

Sedangkan, sholat sunnah ba’diyah dilaksanakan untuk menutup beberapa kekurangan dalam sholat wajib yang baru dilakukan.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Pekan ke-5 Liga Champions Rabu 24 November 2021: Villarreal Vs MU, Chelsea Vs Juventus

Karena, pasti ada kekurangan di sana-sini ketika melakukannya. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah sholatnya.

Apabila sholatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila sholatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X