Susah Pergi ke Tanah Suci karena Pandemi Corona, Jangan Takut, Ini Amalan yang Bisa menggantikannya

- 27 November 2021, 07:27 WIB
ilustrasi pelaksanaan ibadah haji
ilustrasi pelaksanaan ibadah haji /pixabay/

BAGIKAN BERITA - Pada saat ini, pandemi corona di seluruh dunia masih terus berlangsung dan belum ada tanda-tanda untuk berakhir. Hal ini berimbas kepada berbagai sektor kehidupan, salah satunya ibadah ke tanah suci.

Namun kita tidak usah takut karena Allah masih memberikan yang terbaik dengan menggantikannya melalui amalan yang pahalanya sepadan dengan pahala berangkat ibadah ke tanah suci berupa haji dan umroh . Berikut penjelasanya.

Tidak seorang pun di antara kita yang tidak berkeinginan untuk berkunjung ke Baitullah. Masing-masing jiwa yang mukmin sungguh sangat mendambakan untuk bisa memandang Ka’bah di Mekah Al-Mukarramah.

Baca Juga: Jadwal Semifinal Indonesia Open 2021: 3 Wakil Indonesia, The Minions, Jojo dan Greysia-Apriyani Siap Bertarung

Setiap individu Muslim pun ingin menggenapkan kemuslimannya, yakni menunaikan Rukun Islam yang terakhir.

Saat impian itu menjadi nyata dan telah menuntaskan ibadah haji dengan segala manasiknya, idealnya setiap individu meningkat keimanan dan kemuslimannya sebagai pertanda bahwa dia mencapai derajat Haji Mabrur.

Namun, tidak semua orang bisa mewujudkan harapannya menjadi tamu Allah di rumah-Nya. Karena pandemi corona dan pada saat ini masih berlangsung di belahan dunia, maka akan sulit dikerjakan.

Baca Juga: Hindari Bunga Bank, Segera Daftar di KUR BSI Ada Pinjaman dengan Angsuran Ringan Tanpa Riba hingga Rp500 Juta

Allah SWT Maha Memberi Motivasi dan Rasul-Nya pandai menghibur. Sesungguhnya, agama ini dibangun atas dasar kemudahan, tiada mempersulit dan tanpa paksaan bagi yang tidak berkemampuan.

“Allah menghendaki kemudahan dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 185) Allah memahami kadar kemampuan hamba-Nya, sehingga Dia tidak mewajibkan sesuatu melainkan sesuai dengan kemampuan hamba-Nya.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network