Jangan Lewatkan 4 Desember 2021 ada Gerhana Matahari Total, Umat Muslim Jangan Lupa Sholat, Ini Tata Caranya

- 2 Desember 2021, 14:00 WIB
4 Desember 2021 ada Gerhana Matahari Total,
4 Desember 2021 ada Gerhana Matahari Total, /PIxabay/

BAGIKAN BERITA - Fenomena alam berupa gerhana matahari total akan terjadi pada Sabtu 4 Desember 2021, fenomena alam yang langka tersebut tidak akan ada lagi pada tahun ini. Ini tata cara sholat Gerhana

Pada gerhana matahari pada Sabtu 4 Desember 2021 ini, Indonesia termasuk wilayah yang tidak bisa menyaksikan Gerhana tersebut.

Sedangkan wilayah atau negara yang bisa menikmati gerhana matahari total menurut Pusat Riset Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) - BRIN adalah Afrika Selatan, Namibia, Australia bagian selatan, Kepulauan Malvinas, Kepulauan Tierra del Fuego, Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan.

Baca Juga: Hasil Undian Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021: 6 Wakil Indonesia Langsung Lolos ke babak Kedua

Untuk Gerhana matahari pada 4 Desember 2021 ini, akan dimulai pada 10.59 waktu setempat, dan akan bergerak penuh pada 12.30 dan mencapai puncaknya pada 13.03. Sedang pada pukul 15.07, gerhana matahari akan,sehingga total durasi berkisar antara 90-116 detik.

Untuk umat muslim yang berada di lokasi gerhana disunnahkan untuk melaksanakan sholat Gerhana, bertakbir, berdoa, dan mengumpulkan sedekah? Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

“Sesungguhnya Matahari dan Bulan adalah suatu bukti diantara sekian banyak bukti kebesaran Allah. Keduanya tidak mengalami gerhana karena kematian atau kelahiran seseorang. Karena itu, jika kamu melihat Gerhana Matahari dan Bulan, maka bertakbir dan berdoalah kepada Allah, sholat, dan bersedekahlah kamu.” (H.R. Muslim).

Baca Juga: Adam Deni Pertanyakan Status Duta Anti narkoba Jerinx SID, Setelah Ditahan Polisi Akibat Kasus Pengancaman

Sedangkan tata cara pelaksanaan sholat Gerhana agak berbeda dengan sholat wajib meski dari segi bacaan tidak ada perbedaan? “Ibnu Abbas r.a. berkata, ‘Sesungguhnya Nabi SAW sholat gerhana dengan empat kali ruku dan empat kali sujud dalam dua rakaat.’” (H.R. Muslim).

Dari keterangan tersebut, dapat dijabarkan bahwa tata cara sholat Gerhana meliputi:

Halaman:

Editor: Ali Bakti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x