Baca Al Ikhlas, Surat Pendek Mudah Dihafal dan Banyak Manfaat Salah Satunya Bisa Antarkan Kita ke Surga

- 17 Januari 2022, 06:30 WIB
Ilustrasi, Al Qur'an Surat Al Ikhlas
Ilustrasi, Al Qur'an Surat Al Ikhlas /Pixabay.com/

BAGIKAN BERITA - Perbanyak baca Al Ikhlas, surat pendek mudah dihafal dan banyak manfaat salah satunya bisa antarkan kita ke surga. Ini penjelasannya.

Seperti diketahui, surat Al Ikhlas terdiri dari empat ayat diturunkan oleh Allah SWT di kota Makkah dan tergolong surat Makkiyah.

Al Ikhlas itu sendiri berarti suci atau murni dan salah satu amalan yang membawa kita masuk ke surga adalah dengan mencintai surat Al Ikhlas.

Baca Juga: Ini Puasa Sunnah Dicontohkan Rasulullah SAW, Disukai Allah SWT dan Sangat Bermanfaat Jika Dikerjakan Umatnya

Meskipun pendek, surat ini berisikan intisari tauhid dan sebanding dengan sepertiga Al Qur'an. Surat ini tak lain adalah surat Al Ikhlas.

Arti surat Al Ikhlas ini secara umum menggambarkan Keesaan Allah. Bahwa Allah adalah satu, dzat yang menjadi tempat untuk bergantung dan kembali bagi setiap makhluk hidup dan alam semesta.

Dengan memahami arti dan makna dari setiap ayatnya, tentu bisa memudahkan umat Islam untuk meresapi dengan baik setiap kali mengamalkannya.

Baca Juga: Ingin Bangun Malam untuk Sholat Tahajud Tapi Berat untuk Melakukannya, Jangan Khawatir Ini Caranya

Bukan hanya itu, mengerti arti surat Al Ikhlas ini juga menjadi salah satu upaya untuk memperkuat keimanan kepada Allah dan agamanya.

Anas RA. berkata, Seorang lelaki Anshar menjadi imam di Masjid Quba, setiap selesai membaca Fatihah, ia selalu membaca Al Ikhlas sebelum membaca surat-surat lainnya, lalu kawan-kawannya berkomentar, "Mengapa Anda selalu membacanya, tidakkah Anda bosan?" Sahabat itu menjawab, "Sungguh aku tak bisa meninggalkannya.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x