Jumlah Penyandang Stunting Masih Tinggi di Indonesia, Diperlukan Makanan Padat Gizi, Terjangkau dan Praktis

- 26 Januari 2023, 20:11 WIB
Crystal of the Sea mengadakan talkshow secara daring bertema “Upaya Bersama Mencegah Stunting”, bertepatan dengan Hari Gizi Nasional pada 25 Januari 2023.
Crystal of the Sea mengadakan talkshow secara daring bertema “Upaya Bersama Mencegah Stunting”, bertepatan dengan Hari Gizi Nasional pada 25 Januari 2023. /Ahmad Taofik/Bagikanberita.com

BAGIKAN BERITA – Stunting dan malnutrisi lainnya masih jadi momok bagi masyarakat. Berbagai upaya bersama sudah dilakukan untuk memperbaiki status gizi di Indonesia.

Upaya ini sudah mulai menunjukkan hasil, tapi masih perlu didorong supaya makin cepat mencapai target. PT Urchindize Indonesia, produsen Crystal of the Sea, produk food powder sehat dalam kemasan yang berbahan dasar hewan laut, yakni udang dan ikan teri, berkomitmen untuk berkontribusi dalam upaya bersama mengatasi stunting di Indonesia. 

Stunting disebabkan oleh gangguan gizi yang bisa dimulai dari dalam kandungan Ibu hingga anak berusia 2 tahun (1.000 hari pertama kehidupan anak).

Berdasarkan data Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) yang diadakan pada 2021 oleh Kementerian Kesehatan, Badan Pusat Statistik (BPS), dan Tim Percepatan Pencegahan Anak Kerdil (Stunting) Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia, angka prevalensi stunting secara nasional pada 2021 mencapai 24,4 persen, menurun sebesar 1,6 persen per tahun dari 27,7 persen tahun 2019. Angka ini masih jauh untuk mengejar target sebesar 14 persen pada 2024.

Baca Juga: LIVE STREAMING Suami Pengganti Malam Ini Kamis 26 Januari 2023 di ANTV, Saka Curiga Terjadi Sesuatu di Ariana

Crystal of the Sea berupaya mendukung pemerintah dalam pencapaian target penurunan angka stunting dengan menghadirkan produk padat gizi, terjangkau, dan praktis, serta melalui berbagai kegiatan edukasi tentang pentingnya asupan gizi yang seimbang untuk memerangi stunting.

Bertepatan dengan peringatan Hari Gizi Nasional pada 25 Januari 2023, Crystal of the Sea mendorong upaya bersama untuk memerangi stunting dengan mengadakan talkshow bertema: “Upaya Bersama Mencegah Stunting”, menghadirkan Kenji Kusuma, Direktur Crystal of the Sea; Dr. dr. Dian Pratamastuti Sp.A., dokter anak sekaligus pembicara kesehatan; serta Indria R Augustia, seorang konselor laktasi dan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

“Dengan misinya menyediakan produk yang padat gizi dan terjangkau dengan bahan-bahan premium serta alami Urchindize Indonesia berkomitmen untuk ikut berkontribusi dalam upaya bersama untuk menurunkan angka prevalensi stunting di Indonesia. Stunting adalah masalah kekurangan informasi dan pengetahuan. Perlu ditingkatkan edukasi kepada masyarakat dan terutama new parent tentang stunting karena masih banyak yang tidak tahu cara mengenali ciri-ciri stunting, dan menyiapkan mereka di tahap MPASI anak. Berikutnya adalah peningkatan sistem logistik agar semua keluarga mendapat akses ke pangan yang dibutuhkan untuk MPASI. Dan akhirnya, peningkatan pengawasan terhadap pangan yang beredar di masyarakat supaya mengikuti standar higienitas,” ucap Kenji Kusuma, Direktur Crystal of the Sea.

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Suami Pengganti Malam Ini Kamis 26 Januari 2023 di ANTV, Ariana Pingsan di Ruangan Dingin

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x