Jangan Lupa! Ini Cara Itikaf yang Dilakukan Rasulullah SAW di 10 Hari Terakhir Ramadhan

- 7 April 2023, 15:00 WIB
Ilutrasi baca Alquran saat itkaf
Ilutrasi baca Alquran saat itkaf /pixabay/

BAGIKAN BERITA - Ayo jangan Lupa!, inilah cara itikaf yang dilakukan Rasulullah SAW di 10 terakhir Ramadhan yang perlu kita ketahui.

10 terakhir di bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk melakukan itikaf dan untuk tahun ini akan jatuh pada Selasa 11 April 2023.

Oleh karena itu, bagi umat muslim yang beriman sangat disayangkan jika tidak memanfaatkan momentum Ramadhan dengan melakukan itikaf di masjid.

Baca Juga: Niat Sholat Tarawih untuk Sendiri dan Berjamaah 1444 H Tahun 2023, Lengkap Huruf Latin dan Artinya

Seperti diketahui itikaf adalah berdiam diri di dalam masjid dalam rangka untuk mencari keridhaan Allah dan bermuhasabah atas perbuatan-perbuatannya. Orang yang sedang beriktikaf disebut juga mutakif.

Untuk melakukan itikaf bisa dilakukan kapan saja. Namun demikian, Rasulullah SAW sangat menganjurkannya dilakukan di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

“Dari Abdullah bin Umar RA berkata: ‘Rasulullah SAW beritikaf pada sepuluh hari yang akhir dari Ramadhan.’” (H.R. Bukhari).

Baca Juga: Bacaan Niat Mandi Keramas Sebelum Melaksanakan Ibadah Puasa Ramadan 1444 H Tahun 2023, Lengkap dengan Artinya

Para ulama sepakat bahwa itikaf merupakan perbuatan sunah dan dianjurkan untuk dilakukan setiap 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

Menurut Ibnu Qayyim tujuan itikaf bersimpuh di hadapan Allah, berkhalwat dengan-Nya, serta memutuskan hubungan sementara dengan sesama makhluk untuk berkonsentrasi sepenuhnya kepada Allah.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x