Niat Sholat Dhuha, Lengkap dengan Keutamaannya agar Rezeki Kita Dipermudah

- 17 November 2020, 05:05 WIB
Niat Sholat Dhuha, Lengkap dengan Keutamaannya agar Rezeki Kita Dipermudah /Freepik

BAGIKAN BERITA - Sholat Dhuha harus kita niatkan karena merupakan ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sebab terdapat keutamaan dan manfaat sholat Dhuha yang begitu besar.


Sholat Dhuha adalah salat yang dikerjakan di antara dua waktu Salat Subuh dan Salat Dzuhur.
Sholat Dhuha merupakan ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sebab terdapat keutamaan dan manfaat sholat Dhuha yang begitu besar.


Sholat Dhuha juga memiliki rentang waktu cukup lama untuk mengerjakannya yaitu dikerjakan mulai 20 menit setelah matahari terbit, hingga 15 menit sebelum Sholat Dzuhur.

Baca Juga: Jadwal Sholat Lima Waktu Kota Besar di Indonesia Selasa, 17 November 2020

Jumlah rakaat Sholat Dhuha adalah minimal dua rakaat sekalai salam atau dalam hitungan genap.

Dalam hadist yang sahih dijelaskan bahwa Nabi Muhamad SAW. melaksanaka Sholat Dhuha 4 rakaat. Rasullah SAW mengerjakan dengan 2 rakaat salam, 2 rakaat salam dan terkadang ditambahkan beberapa rakaat sesuai yang dikehendaki

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu yang berkata, 'Kekasihku (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam) memberikan pesan (wasiat) kepadaku dengan tiga hal yang tidak pernah aku tinggalkan hingga aku meninggal nanti.

Baca Juga: 6 Langkah Memperoleh Rezeki, Salah Satunya dengan Silaturahmi

Yaitu puasa tiga hari setiap bulan, Sholat Dhuha, dan tidur dalam keadaan sudah mengerjakan Salat Witir."  (Muttafaqun ‘Alaih, Al-Bukhari No. 1981, Muslim No. 721)

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X