Iran Minta Israel bertanggung jawab atas Pembunuhan ilmuwan Fakhri Zadeh

- 28 November 2020, 11:43 WIB
Iran Minta Israel bertanggung jawab atas Pembunuhan ilmuwan Fakhri Zadeh
Iran Minta Israel bertanggung jawab atas Pembunuhan ilmuwan Fakhri Zadeh /irna.ir

BAGIKAN BERITA - Kematian ilmuwan nuklir terkemuka di Iran Fakhri Zadeh membuat gempar negara tersebut. 

Bahkan Iran mengatakan Israel bertanggung jawab atas kematian ilmuwan nuklir terkemuka Mohsen Fakhri Zadeh.

Iran memberi tahu indikasi serius tanggung jawab Israel dalam pembunuhan ilmuwan nuklir Mohsen Fakhri Zadeh dan berhak untuk membela diri, tulis negara itu dalam sebuah surat kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan Dewan Keamanan PBB dikutip dari antaranews.

Baca Juga: Ilmuwan nuklir Iran Fakhri Zadeh Dibunuh Teroris Bersenjata

"Peringatan terhadap tindakan apa pun oleh Amerika Serikat dan Israel terhadap negara saya, terutama selama sisa periode pemerintahan Amerika Serikat saat ini, Republik Islam Iran berhak untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk membela rakyatnya dan mengamankan kepentingannya," utusan Iran untuk PBB, Majid Takht Ravanchi, menulis dalam surat itu.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mendesak semua pihak untuk menahan diri pascapembunuhan ilmuwan Iran.

Pernyataan yang dikutip oleh juru bicaranya itu menanggapi peristiwa seorang ilmuwan nuklir Iran, yang telah lama dicurigai oleh Barat sebagai dalang program senjata atom rahasia, dibunuh di dekat Teheran.

Baca Juga: 7 Wisata di Jakarta yang Seru Untuk Dikunjungi Berikut Prakiraan Cuaca Akhir Pekan

"Kami telah mencatat laporan bahwa seorang ilmuwan nuklir Iran telah dibunuh di dekat Teheran hari ini," kata juru bicara Guterres, Farhan Haq.

Ilmuwan nuklir terkemuka Iran Mohsen Fakhri Zadeh dibunuh oleh "teroris bersenjata" di dekat ibu kota Teheran pada Jumat (27/11), seperti diumumkan Kementerian Pertahanan Iran.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x