Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Sarankan Menteri Agama Lobi Ulang Arab Saudi Agar Dapat Kuota Haji Tahun 2021

- 9 Juni 2021, 15:08 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengusulkan agar pemerintah kembali melobi otoritas Arab Saudi agar mendapatkan kuota haji, berapa pun jumlahnya.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengusulkan agar pemerintah kembali melobi otoritas Arab Saudi agar mendapatkan kuota haji, berapa pun jumlahnya. /Dok. Humas Pemda Provinsi Jawa Barat

BAGIKAN BERITA - Tiadanya pemberangkatan jemaah haji Indonesia tahun 2021 membuat banyak pihak kecewa, terutama calon jemaah haji yang dijadwalkan berangkat tahun ini. 

Para calon jemaah haji sudah lama menunggu waktu tiba, namun karena alasan pandemi untuk kedua kalinya pemerintah Indonesia tak mendapatkan kuota haji dari otoritas Arab Saudi. 

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil menyarankan pemerintah melalui Kementerian Agama kembali bernegosiasi dengan otoritas Arab Saudi. 

Baca Juga: Rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar Minta Dana Haji Diaudit Akuntan Publik Agar Masyarakat Percaya

Emil berpendapat, berharap Indonesia bisa mendapatkan kuota haji berapa pun jumlahnya. 

"Jika masih ada waktu dan kesempatan, saya memohon pemerintah pusat cobalah sekali lagi melobi. Mengapa, karena saya meyakini pemerintah Saudi sahabat bangsa Indonesia. Selama kita bisa meyakinkan protokol kesehatan, terseleksi, sudah divaksinasi, dites PCR dan lain-lain, saya kira bisa lah sekian persen yang diberangkatkan jangan nol sama sekali," kata Emil seperti dikutip Bagikanberita.com dari Antara News, Rabu 9 Juni 2021. 

Kang Emil meyakini pemerintah Arab Saudi masih memberi peluang bagi jamaah haji Indonesia untuk berangkat ke Tanah Suci dan selama pemerintah Indonesia bisa menjamin protokol kesehatan para jamaah.

"Semoga ikhtiar diplomatik ini masih bisa diupayakan sebelum betul-betul final bahwa dari Arab Saudi menolak, tapi saya berdoa harapan itu masih dibuka," katanya.

Baca Juga: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Bagikan Kabar Sedih, Wagub Uu Ruzhanul Ulum Positif Covid-19

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x