Gempa Bumi Dahsyat 8,8 Magnitudo Mengguncang India Wilayah Assam, Lebih dari 1.500 Tewas pada 12 Juni 1897

- 12 Juni 2021, 07:45 WIB
Ilustrasi gempa bumi. Wilayah Assam India diguncang Gempa Bumi dahsyat 8,8 magnitudo yang mengakibatkan ribuan orang tewas pada 1897.
Ilustrasi gempa bumi. Wilayah Assam India diguncang Gempa Bumi dahsyat 8,8 magnitudo yang mengakibatkan ribuan orang tewas pada 1897. /Pixabay

BAGIKAN BERITA - Ada banyak hal tak terduga terjadi di dunia dan sekitar manusia.

Rentetan peristiwa-peristiwa penting terjadi mengisi daftar panjang sejarah dan menjadi pelajaran berharga di masa kini dan masa depan. 

Ada kabar bahagia, dan ada kabar sedih. Mulai dari kabar di industri hiburan, kenegaraan, hingga bencana alam yang memakan banyak korban.

Tepat di tanggal 12 Juni, peristiwa-peristiwa penting setiap tahunnya terjadi Gempa bumi berskala 8,8 skala richter mengguncang wilayah Assam di India. Hal ini juga mengakibatkan tanah longsor yang dahsyat. Sebanyak lebih dari 1500 orang dilaporkan tewas dalam bencana alam itu.

Baca Juga: Breaking News, Gempa Bumi 5,7 Skala Richter Guncang Sulawesi Utara Pagi Ini, BMKG: Hati-hati Gempa Susulan

Berikut rangkuman peristiwa penting yang terjadi tepat di tanggal 12 Juni yang harus anda ketahui:

1830 - Prancis mulai kolonisasi Aljazair dengan mendaratkan 34.000 pasukan 27 kilometer dari ibu kota Aljir.

1897 - Gempa bumi berskala 8,8 skala richter mengguncang wilayah Assam di India. Hal ini juga mengakibatkan tanah longsor yang dahsyat. Sebanyak lebih dari 1.500 orang dilaporkan tewas dalam bencana alam itu.

1898 - Bangsa Filipina mendeklarasikan kemerdekaannya dari Spanyol yang sudah menjajah selama 265 tahun. Meski menyatakan merdeka, pada Desember di tahun yang sama, Filipina diduduki Amerika Serikat (AS). Filipina akhirnya memperoleh kemerdekaan penuh pada 1946.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x