Donald Trump Larang Warganya Punya Tik Tok dan WheChat, Hubungan Amerika dan China Semakin Memburuk

- 19 September 2020, 11:48 WIB
Donald Trump Larang Warganya Punya Tik Tok dan WheChat, Hubungan Amerika Serikat dan China Semakin Memburuk
Donald Trump Larang Warganya Punya Tik Tok dan WheChat, Hubungan Amerika Serikat dan China Semakin Memburuk /PIXABAY.COM/

BAGIKAN BERITA -Aplikasi video pendek Tik Tok dan WeChat buatan China kini dilarang di Amerika Serikat.

Hal tersebut di umumkan Pemerintahan Donald Trump pada Jumat waktu setempat untuk tidak mengunduh aplikasi Tik Tok dan WeChat di aplikasi Smartphone.

Dengan adanya pelarangan ini menjadikan sebuah langkah yang mengindikasikan memburuknya hubungan Amerika Serikat dengan China.

Baca Juga: Link Konser SLANK di Pesta Rakyat Simpedes 2020 Malam Ini, Slankers Wajib Nonton

Sementara itu, pejabat administrasi menyebut larangan itu diperlukan untuk melindungi keamanan nasional dan mencegah Beijing mengeksploitasi aplikasi untuk mengumpulkan data pengguna atau menyebarkan propaganda, demikian Washington Post melaporkan, dikutip Sabtu.

Tetapi tindakan tersebut menuai kritik cepat dari para pembela Amandemen Pertama seperti American Civil Liberties Union dan bahkan dari saingan TikTok, Instagram.

Pejabat pemerintahan saat ini dan sebelumnya mengatakan mereka tidak dapat mengingat contoh masa lalu dari pemerintah AS yang melarang teknologi informasi dalam skala ini, praktik yang lebih umum di negara-negara otoriter seperti China, di mana Facebook, Google, Twitter dan aplikasi Barat lainnya dilarang.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris Malam ini Sabtu 19 September, Saksikan Manchester United VS Crystal Palace

TikTok telah berkembang pesat di Amerika Serikat, memiliki sekitar 100 juta pengguna setiap tiga bulan., sedangkan WeChat sekitar 3,3 juta pengguna aktif bulanan per Agustus, menurut penyedia analitik App Annie.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x