Turki Diguncang Gempa 7.0 Magnitudo dan Picu Tsunami, 6 Tewas dan 202 Luka

- 30 Oktober 2020, 23:17 WIB
Bangunan runtuh akibat gempa magnitudo 7,0 di Izmir, Turki.
Bangunan runtuh akibat gempa magnitudo 7,0 di Izmir, Turki. /Twitter @tbajansi/

BAGIKAN BERITA - Gempa Bumi dahsyat berkekuatan 7.0 magnitudo di tepi barat Turki, dekat Pulau Samos, Laut Aegean menewaskan sedikitnya enam orang dan 202 luka-luka pada Jumat 30 Oktober 2020. 

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut gempa itu berkekuatan Magnitudo 7, sedangkan Pusat Seismologi Eropa-Mediterania mengatakan, gempa berkekuatan 6,9 magnitudo dengan pusat gempa 13 km timur laut pulau Samos Yunani.

Titik gempa di Laut Aegea Turki, menurut Kepresidenan Manajemen Bencana dan Keadaan Darurat Turki (AFAD).

Baca Juga: Turki Diguncang Gempa Bumi Dahsyat 7 Skala Richter, Picu Tsunami

Dilansir Antara, seorang menteri mengatakan bahwa gempa yang getarannya dirasakan di Yunani dan Turki itu telah membuat sejumlah bangunan rubuh di provinsi pesisir Izmir dan orang-orang terperangkap di dalam reruntuhan.

Para saksi menyatakan orang-orang berkerumun di jalan-jalan Kota Izmir usai gempa dengan magnitudo 7,0 itu mengguncang kota. 

Getaran dapat dirasakan bahkan hingga Istanbul dan di pulau-pulau Yunani, di mana menurut sejumlah pejabat, orang-orang panik namun tidak ada laporan korban sejauh ini.

Terdapat berbagai laporan terkait kerusakan properti. Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu menyebut enam bangunan telah runtuh di dua distrik di kota pesisir Izmir.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Keuangan Besok, Libra: Perketat Dompet Anda Demi Keamanan

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Reuters ANTARA RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x