Gempa Bumi 9.0 SR dan Tsunami di Aceh Menewaskan Sekitar 167 ribu Orang pada 26 Desember 2004

- 26 Desember 2020, 08:10 WIB
Ilustrasi Gempa Bumi 9.0 SR dan Tsunami di Aceh/Pixabay
Ilustrasi Gempa Bumi 9.0 SR dan Tsunami di Aceh/Pixabay /

BAGIKAN BERITA - Hari ini 16 tahun yang lalu, tepatnya pada 26 Desember 2004, gelombang tsunami setinggi 20 meter menerjang wilayah Aceh dan sekitarnya.

Bermula dari gempa beberapa kali, kemudian datang ombak setinggi pohon kelapa membuat beberapa kota di provinsi itu lumpuh total.

Gempa yang meluluhlantakkan Aceh, berada di Samudra Hindia pada kedalaman sekitar 10 kilometer di dasar laut. Wilayah sumber gempa berjarak sekitar 149 kilometer sebelah barat Meulaboh.

Baca Juga: Jadwal Acara ANTV Hari Ini Sabtu 26 Desember, Seputih Cinta Semerah Dusta, Naagin, Mahabharata

Kejadian tersebut berlangsung selama kurang lebih 10 menit ini tercatat mempunyai magnitudo sekitar 9,0. Setelah itu gelombang tsunami mulai memberikan dampaknya pada wilayah Aceh dan sebagian di Sumatera Utara.

Tsunami ini kemudian bergerak menyebar ke arah pantai-pantai. Jarak pantai Sumatera terdekat dengan episenter gempa bumi utama diperkirakan 125 km.

Kecepatan rambat gelombang tsunami dapat mencapai 800 km per jam di samudra dalam dan bebas. Mendekati pantai yang dangkal dan dengan kecepatannya yang besar, gelombang tsunami menjadi tinggi dan kemudian terempas ke arah daratan.

Penyebab tsunami Aceh ini karena gempa yang berasal dari patahan megathrust, di mana lempeng samudera yang berat menghujam di bawah lempeng benua yang lebih ringan.

Baca Juga: BMKG: Hati-hati! Sedia Payung, di Bandung Akan Hujan Disertai Petir Pada Sore Hari

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x