Bupati Sleman Positif COVID-19 Setelah Divaksinasi, Ini Klarifikasi dari Kemenkes

- 22 Januari 2021, 22:06 WIB
Bupati Sleman Positif COVID-19 Setelah Divaksinasi, Ini Klarifikasi dari Kemenkes
Bupati Sleman Positif COVID-19 Setelah Divaksinasi, Ini Klarifikasi dari Kemenkes /Instagram.com/@sripurnomosp

BAGIKANBERITA-Bupati Sleman, Sri Purnomo, saat ini diketahui positif COVID-19 setelah pada 14 Januari lalu mendapatkan suntikan tahap pertama vaksin COVID-19. Beredar begitu banyak informasi yang simpang siur terkait hal ini. Kementerian Kesehatan memberikan klarifikasi terkait hal tersebut.

“Bupati Sleman Sri Purnomo benar sudah melakukan vaksinasi COVID-19 untuk suntikan pertama pada 14 Januari 2021, namun belum mendapatkan suntikan kedua. Vaksin Sinovac adalah vaksin berisi virus mati (inactivated virus), jadi hampir tidak mungkin menyebabkan seseorang terinfeksi,” jelas Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi.

Kemudian, jika melihat sequence waktunya, sangat mungkin pada saat Bupati Sleman Sri Purnomo divaksinasi beliau dalam masa inkubasi, dimana sudah terpapar virus tapi belum bergejala.

Baca Juga: Dijebak, Andin dan Aldebaran Dipertemukan di Rooftop Oleh Angga dan Mici di Ikatan Cinta

“Secara alamiah, waktu antara paparan dan munculnya gejala/load virus sedang tinggi adalah sekitar 5-6 hari, waktu yang pas karena beliau divaksinasi 14 Januari sementara hasil swab PCR positif di 20 Januari,” jelasnya.

Vaksinasi COVID-19 membutuhkan dua kali dosis penyuntikan sebab sistem imun perlu waktu
lewat paparan yang lebih lama untuk mengetahui bagaimana cara efektif melawan virus. Suntikan
pertama dilakukan untuk memicu respons kekebalan awal.

Dilanjutkan suntikan kedua untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk. Hal ini memicu respons antibodi yang lebih cepat dan lebih efektif di masa mendatang. Suntikan kedua juga berfungsi sebagai booster untuk membentuk antibodi secara optimal dan imunitas baru terbentuk 3 minggu setelah suntikan kedua.

Baca Juga: Inilah Ramalan-Ramalan Kiamat yang Menghebohkan Dunia: Hati-Hati!

Perlu dipahami bersama meskipun sudah divaksinasi COVID-19 masih ada risiko terpapar virus COVID-19.

Namun diharapkan dapat mengurangi kemungkinan sakit berat. Proses pemberian vaksinasi tetap dilakukan seperti yang sudah ditargetkan.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x